Budaya Mandi

Mandi adalah kebutuhan.  Terutama pagi hari, klo buat saya mah… Ga mandi rasanya belom idup ^_^  Setelah melihat kehidupan manusia dari kebudayaan yang berbeda, saya menyadari bahwa mandi ada seninya hehehe… 


Misalnya saya, biasa mandi 2 kali sehari, pagi dan sore (malam).  Walo dingin banget, pagi itu kudu mandi, soalnya klo ga mandi rasanya belum konek mikirnya hihihi…  Kalo malem dingin banget, saya skip mandi ^_^


Trus saya peratiin klo orang China, biasa mandinya malem, jadi skip mandi pagi.  Saya jarang banget liat orang China dengan rambut basah habis keramas di pagi hari, jadi emang kebanyakan skip mandi pagi.  Hipotesis ini dipertegas ketika saya menginap di suatu hotel.  Waktu mandi pagi, air panas tidak mengalir.  Aneh kan, padahal hotel bagus dan malam sebelumnya air panas mengalir deras.  Ternyataa… berhubung kebiasaan mandi adalah malam hari, maka biasanya air panas tidak mengalir di pagi hari…


Satu lagi… Tinggal bersama dalam 1 rumah membuat saya dapat melihat kebiasaan dan kebudayaan orang Jepang.  Orang Jepang senang sekali berendam dalam air panas, kayak di film-film gitu (ehm, kok saya ingetnya Doraemon ya?  Papanya Nobita kan seneng banget berendem).  Begitu juga dengan teman serumah saya, demen deh ama air anget.  Mo cuaca sepanas apapun, teteeeuuupp aja mandi air panas (pertama kali tau, saya kaget banget.  Lah udara uda panas kok mo mandi air panas juga).  Frekuensi mandinya sekali sehari, biasanya malem. 


Ada cerita lain mengenai mandi?


 

4 thoughts on “Budaya Mandi

  1. huahahahahha betul banget Sin. Gue juga biasa mandi pagi, soalnya merasa abis tidur malah gerah. Malem kalo dingin, ya skip juga :p (seperti sekarang ini).

    Wkt gue di China di jaman bahela (ceritanya kayak nenek2, mulainya: dimasa nenek muda dulu *merenung*…), pagi2 gak ada air panas di dorm. Jadilah wkt winter sengsara karena harus merubah kebiasaan. Gue ngelap2 deh, kalo gak salah inget, pake air dingin karena gak bisa banget gak kena air pagi2. Malam baru mandi. Ketika musim panas sih agak bisa nekat karena udara lebih panas walaupun airnya tetep aja kayak es.

    Yg gue tau, org Singapur juga mandinya malem. Katanya, supaya bersih dan gak bawa debu2 dari luar ke dalam kamar tidur.

  2. Menarik juga Blognya. ttg mandi ada pengalaman unik. Orang Jepang suka banget mandi bareng rame rame nude abis di pemandian air panas, on-sen. bahkan banyak hotel yang hanya mempunyai fasilitas mandi berupa onsen. Saya sempet shock berat dan gak mandi selama 3 hari gara gara minggu pertama dateng di jepang diajak sensei- Dosen (laki laki) ikut konfrens dan dihotel pada hari pertama disamperin diajak mandi bareng…kebayang nggak? saya bilang maaf saya barusan mandi duluan, dengan kepala dibasahin dulu. Salam kenal ya.

  3. halo, salam kenal juga..

    Iya, berhubung sekarang lagi tinggal serumah ama ce Jepang, dia juga crita yang sama. Malah sempet ngeluh karena di sini ga ada onsen hahaha…

    Saya juga kaget pas tau ternyata di onsen itu nude rame-rame…

Leave a Reply

