Feb 4, 2006 – Sehari di Macau

Saya melewatkan hari Sabtu, 4 Februari 2006 di Macau.

Perjalanan dimulai pagi hari, naik ferry dari She Kou Port, Shenzhen menuju Zhuhai (tiket ferry seharga 90 yuan — berhubung masih Imlek, jadi sedikit mahal. Harga biasa adalah 80 yuan). Dari pelabuhan di Zhuhai naik taksi (sekitar 17 yuan) ke perbatasan Zhuhai-Macau. Setelah melewati imigrasi China-Macau, saya sempatkan mengambil peta yang tersedia di meja informasi. Di peta terdapat rute bus dan informasi tempat-tempat menarik di daerah Macau. Berdasarkan informasi dari peta, saya naik bus no.10B (seharga 2.5 HKD atau Pattaaca/person), turun di Hotel Lisboa. Sisanya jalan kaki aja ngider-ngider di Macau. Karena Macau kecil, jalan kaki dari ujung ke ujung bisa dijabanin.

Banyak casino di Macau. Saya sempat masuk ke hotel Lisboa dan melihat suasana perjudian di sana. Ga ada fotonya karena di dalam gedung dilarang foto-foto.

Ada 3 mata uang berlaku di Macau: HKD, RMB yuan dan Pattaca (Portugis). Enaknya, semua berbanding 1:1:1 dan bisa digunakan ketiganya. Namun untuk bis, hanya dapat menggunakan HKD dan Pattaca. Selain itu, banyak sekali kios money-changer.

Makan siang di Resto Portugis, dan setelah melewatkan sunset di Fisherman Wharf (kata temen saya, modelnya persis kayak di SF), saya kembali naik bis 10B menuju perbatasan Macau-Zhuhai. Naik bis ini enak, karena sebelum sampai ke terminal, bis ini muter-muter dulu di dalam kota.

Berhubung sudah malam, dari Zhuhai saya kembali ke Shenzhen naik bis (tidak ada ferry lagi). Perjalanan dengan bis ditempuh selama 2 jam dengan harga tiket 100 yuan sekali jalan (harga Imlek. Harga biasa adalah 80 yuan).

Masih ada beberapa tempat belum didatangi berhubung saya hanya melewatkan sehari. Klo dateng lagi, saya ingin melewatkan waktu lebih lama di Fisherman Wharf. Suasananya asiik sekali…

9 thoughts on “Feb 4, 2006 – Sehari di Macau

  1. Dari Macau bisa ke Shenzhen ato Guangzhou ato HK. Jadi ada 3 pilihan Yie. Ke Shenzhen untuk kehidupan yang modern dan liat perkembangan China 10 tahun terakhir. Ke Guangzhou untuk belanja dan makan masakan Guangdong. Ke HK ya belanja dan have fun hehehe..

    Gw ke Macau lewat Shenzhen, masuk lewat Zhuhai.

    Ke Macau klo nginep enak juga Yie. Malem-malem nongkrong di Fisherman Wharf, ngobrol2 sambil ngopi di pinggir laut… Suasananya enak sekali. Makanan Portugisnya enak-enak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s