Tough Korean: Han Ying Hua

Ada temen yang bilang, di Beijing misalnya (BLCU), jika seluruh siswa
asing dikumpulin dan jumlahnya dikali tiga, hasilnya masih belum bisa
mengalahkan jumlah siswa Korea yang ada di sekolah (saking
banyaknya!!). Selain itu, populasi orang Korea paling banyak di
China adalah di wilayah QingDao — kabarnya karena lokasi QingDao *yang
terkenal dengan bir-nya itu* dekat dengan Korea, hanya 1 jam by flight
dan beberapa jam dengan kapal laut.

Kesimpulannya, populasi orang Korea di luar Korea kabarnya lebih banyak
dari yang tinggal di Korea. Untuk keakuratannya, saya blum ngecek
ke BPS Korea hehehe… tapi yang pasti, jumlah siswa Korea di semester
ini menduduki peringkat pertama di sekolah (semester lalu, siswa Jepang
adalah yang terbanyak).

Salah satu orang Korea yang saya kenal cukup baik adalah Han Ying Hua,
teman sekelas di sekolah. Sejak saya pindah ke kelas B waktu awal
November lalu, saya duduk di sebelah Han Ying Hua, hingga akhirnya
sekarang di kelas C.

Seorang wanita Korea, sekitar 36 tahun, memiliki 2 anak perempuan, yang
pertama 14 tahun dan yang kecil 4 tahun. Saya kagum deh ama dia…
Seperti ibu rumah tangga Korea pada umumnya, Han Ying
Hua adalah wanita yang tangguh. Bayangin aja: beliau ga cuma ngelarin
pr
kayak saya setiap hari (PR bikin kalimat lah.. ngapalin vocab untuk
dikte lah… ngapalin teks lah… dll), tapi juga ngurus anak
(apalagi anaknya yang masih kecil itu masih suka main dan sangat
aktif!!), beberes rumah dan juga… masak! Kadang Han Ying Hua datang
ke
kelas dengan wajah letih, dan saya tau pasti dia lelah sekali.

Saya kebayang sih… bangun pagi jam 5 setiap hari karena kudu
masak sarapan (btw, keluarga
Korea biasa sarapan lauk-pauk lengkap, ga kayak saya yang sarapan
praktis: roti kek, susu kotak lah, indomie hehehe dll), trus jam 8
mulai kelas, trus pulang kelas jam 12 kadang masak juga, trus ngurus
rumah, jemput anak sekolah (yang kecil), trus masak untuk dinner,
beberes dapur, ngawasin anak ngerjain pr dan juga jadi partner main
anak.  Doi sering curhat, tiap malem bobo larut.  Astaagaaa… wonder woman sekali… *jadi inget ibunya
Lindri dan Danu -winkwink😀 *ini ntar bahasannya lain lagi
hahahhaa…

Walo sibuk di luar sekolah, Han Ying Hua tetep jago di kelas.
‘tabungan’ Hanzi (karakter Chinese) yang banyak (dan sering bantuin
saya baca waktu saya buta huruf hihihi), tulisannya yang rapih dan
dikte hampir selalu 100 alias bener semua!! *plokplok!!*

Bikin saya salut berat. Sekaligus juga nyemangatin saya: klo dia
yang sibuk aja masih ada waktu belajar, tentu kita yang masih single
juga bisa😀

Jumat lalu, saya dan beberapa temen diundang lunch di rumahnya.
Menu lunch siang itu uda jelas Korean food *yummy* Wah saya seneng
banget😀 Lah secara saya demen ama masakan Korea *sambil ngebayangin
film-film Korea yang pernah saya tonton dan co-co gantengnya
huahahahahaha….

Tuuh… di foto bersama, Han Ying Hua duduk di depan, duduk di sebelah
kiri ce Korea yang bertopi biru (di foto itu hanya 3 orang
non-Korea). Anak Han Ying Hua duduk di depan, di sebelah kanan
saya; dan anak yang kecil ada di belakang Han Ying Hua, berbando pink.

*this writing dedicated to Han Ying Hua, many thanks for your sincere help😀

Changsha, 8 Mei 2006

6 thoughts on “Tough Korean: Han Ying Hua

  1. Ven, yang gw posting itu cuma 2 dari beberapa foto masakan yang gw ambil, soalnya yang lain uda pernah posting (Dobboki, Jabjae *duh maap ga tau nulisnya gimana). Yang kuah itu gw fotoin karena pas ngeliat disuguhin di meja trus kita makan bareng, EHHHM kayak di film-film hahahhaha…

    Btw elo mau resep 2 foto itu? Kuah dan nasi merah itu?

Leave a Reply

