Harus makan!

Beberapa bulan lalu, ketika malam menjelang (cieeh), tepatnya sih kalo lagi bobo, betis saya suka kram. Awalnya saya mikir, oh kecapean kali yee… (secara saya tiap hari naik-turun tangga 6 lantai — kaga ada lift jek!) Atau: oh sepatunya uda aus kali yah (*alesan buat belanja sepatu baru)… Jadi saya berusaha banyak istirahat dan pake sepatu yang nyaman supaya malemnya bisa bobo enak tanpa diganggu kram kaki.

Tapi tetep aja kram tuh. Beberapa malam kram melulu, saya mulai bete.  Kurang bobo pastinya, jadi di kelas jadi ngantuk dan semakin gampang lemes.

Ga sengaja saya curhat waktu ngumpul dengan Beth dan teman-teman. Spontan Beth berkata, kamu kurang mineral, Sin!

Eh, mineral??? Ada hubungannya dengan kram?

Beth langsung masuk kamar dan keluar lagi dengan beberapa butir tablet di tangan. Nih diminum sekarang, gitu katanya sambil nyodorin tablet yang ternyata adalah suplemen mineral. Saya nurut aja dan buruan masukin tu tablet ke mulut sambil dibarengin aer (masa ditelen langsung, serem aja kaliii )

Beth terus cerita, salah satu indikasi kekurangan mineral dalam tubuh adalah kram betis yang biasa terjadi terutama dalam diri perempuan, apalagi wanita hamil. *Oya temans, Beth dulunya adalah perawat jadi lumayan ngerti soal ginian* Nutrisi yang mustinya terkandung dalam makanan yang sehari-hari dimakan mungkin aja tidak semua tercakup dalam asupan konsumsi kita sehingga masih perlu suplemen.

Oh, gitu… saya baru tau klo kram betis ada hubungannya dengan kekurangan mineral dalam tubuh kita. Saya emang nyetok suplemen tapi ga ada mineral hehehe… Setelah makan suplemen itu, malam itu saya bisa bobo nyenyak tanpa ada gangguan kram lagi. Wah bener ternyata kurang mineral ya!

Lama ga ngalamin kayak gitu, tiba-tiba semalem saya ngalamin kram betis lagi. Loh kok? Ada apa dengan diriku? Saya langsung kepikir suplemen mineral, wah jangan-jangan indikasi defisiensi lagi. Kok bisa ya??

Waktu mampir ke rumah Beth, saya sempet nanya kenapa yah kok saya ada indikasi kurang mineral lagi, rasanya diriku ini baik-baik sajaa…

Beth:kamu lagi stres?
Sinta: engga kok ya
Beth: Iya, soalnya klo stres tubuh emang perlu nutrisi lebih. Makanya perlu juga minum suplemen walo bukan keharusan… Wanita pms dan ibu hamil cenderung kurang nutrisi, makanya perlu tambahan suplemen, apalagi mineral… trus, apa yang kamu makan belakangan?

Ups… ini dia ternyataa… Saya baru sadar, 2 minggu terakhir ini pola makan saya agak kacaw. Dalam seminggu paling cuma makan malem 3-4 kali. DIET?? Tentu saja bukan Gini sebenernya… saya paling sebel klo musti makan sendirian. Belakangan ini susah cari temen makan karena semua temen makan saya lagi pada diet dan sibuk nge-gym ketika jam makan malem tiba. Akhirnya saya makan sendiri di rumah, masak super cepat (dan instan ) atau beli, tapi kadang juga males makan dan akhirnya skip aja dinner-nya klo ga laper-laper amat. Makan pagi cuma ngopi ato susu plus biskuit. Siang baru makan berat (beraaaattt bangeeetthh)

Beth melotot mendengar penjelasan makan saya. Katanya: gimana ga kurang mineral klo kamu makannya kayak geto?? Kagak ada ‘food’, kagak ada sayuran… Saya nyengir

Beth ngingetin lagi, kalo males makan nasi, makanlah sayur yang banyak, karena dalam sayur mengandung banyak mineral. Klo tubuh kurang nutrisi, sekalinya kita makan, maka makanan itu akan semakin cepat menjadi lemak karena dalam tubuh terkondisikan selalu lapar… Teruuus, kalo lapar melulu dan kurang nutrisi, tubuh akan mengambil tindakan preventif yang dianggap perlu sekaligus sebagai indikasi ada sesuatu tidak beres sedang terjadi, misalnya kram itu. Juga jangan heran klo kurang nutrisi maka rambut bisa banyak rontok (selain karena stres)…

Oh… Nangkep banget deh… Sebelum saya pulang, Beth masih ngingetin: musti makan yaa!

Iya, saya juga ga mau kurang mineral lagi. Mana enak bobo keganggu kram? Rambut rontok?? Apalagi.. hiiyy, serem deh

Changsha, 19 September 2006 — abis makan malem

19 thoughts on “Harus makan!

  1. buset, mo makan aja pake ditakut-takutin segala :O

    coba semua makhluk berbahagia.. eh salah, coba semua makhluk seperti gue, gak perlu disuruh-suruh kalo mo makan…
    hehehe…

    eh CHING!!!!!!! berat badan guwe sekarang udah brapa coba, guess…??? guess…?
    65kgs!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! (huahahaha, ketawa bangga nan senang…)

  2. pokoke sukses… ;D
    dulu mo kepala 6 aja malu-malu, sekarang perut udah kayak pegawai negeri ;p
    (sori, no offense to you mentioned above)

    sebelum ini sih sempet janji klo uda 65 mo mulai exercise lagi, tapi…
    setelah dipikir-pikir lagi, 68-70 aja deh baru exercise, supaya gak langsung tekor, huahahaha…

  3. hi chink…. sejak jadi tukang jualan kalsium, gw jadingerti banyak soal vitamin dan mineral.

    penjelasan beth bener banget. Mineral emang dibutuhkan buat banyak fungsi tubuh. Kalau kekurangan, tubuh kasih sign, mulai dari cepet capek, rambut rontok, pegel2, dsbnya. kalau suka kram.. itu tanda2 kekurangan kalsium. Soalnya kalsium itu selain buat tulang juga berguna untuk sistem kontraksi otot dan syaraf. Juga buat kesehatan jantung. Jadi kalau kurang kalsium bisa begitu.

    Saran gw elo minum multivitamin deh, yang ada kalsium tingginya, kayak One A Day. Kayaknya di China ada deh. Or elo bisa minum Vitamin B kompleks (ini biar ga pegel2) ditambah suplemen kalsium. Kalau beli suplemen kalsium, jangan lupa yang ada Vitamin Dnya. Beliyang dosisnya ga lebh dari 600 mg elemental kalsium. Good luck dan semoga ga pegel2 lagi.

  4. Hai Yuliii.. embeeer, ga rugi jualan kalsium😀😀 jadi kayak ibu dokter (ato ibu sales? hihihi) iya Yul, gw sekarang rajin ngembat kalsium, dapetinnya lewat minum susu kotak:D😀 secara praktis sambil dibawa jalan😀 apalagi klo rasanya enak, gw jadiin alesan untuk minum lebih banyak hihihi… eh tau ga kenapa ya, minum susu yang ada rasanya (coklat/stroberi) lebih nyaman di perut ketimbang susu putih murni? (kaitannya dengan lactose-intolerant)

    Makasih ya Yuuulll *hug*

  5. iya…. gw juga seneng susu coklat. nyamz… tp yang susu pasteurizasi (nulisnynya bener ga yah…). gw anti susu bubuk, walau harus minum demi diet plan. gw minum yang ada CLAnya.

    kalau susu putih dan susu biasa gw rasa lactosenya sama deh. kenapa lebih enak di perut ya? Kali sugesti. hahahhaha

Leave a Reply

