Asuransi (dan mlm?)

Saya ga anti asuransi.  Uda punya, malah sempet kepikir klo kerja kantoran uda males, jualan asuransi aja kali yee…  Tapi hari ini jadi mikir, kenapa mostly orang yang jualan asuransi — atau apa pun yang masih ada unsur MLM — ‘maksa’ banget yah?

Hari ini saya pergi makan sama seorang temen.  Saya uda kebayang, wah uda lama ga keluar sama dia, mustinya ada cerita seru dong…

Sambil makan kita ngobrolin kerjaan, lalu… *teteup* dia nanyain kapan mo ngambil (tambahan) polis (asuransi) sama dia.  Itu looh yang sekarang lagi rame-ramenya dengan istilah unitlink… yang ada campuran asuransinya… jumlah investasi bisa diatur supaya keuntungan semakin bertambah…dst… dst..  Dia bilang, buruan loh Sin… jangan ditunda-tunda, yang kayak gini kan ga terduga… Klo ntar perlu biaya banyak gmanaa… 

Saya nyengir aja, dan bilang: yah hari gini apa siy yang ga perlu biaya banyak… jangankan sakit yah, sehat aja biaya banyak, gmana klo sakit…

Lalu temen saya juga masih cerita-cerita soal risiko-risiko klo sakit, besarnya biaya yang perlu ditanggung, trus perlunya memilih instrumen yang bener dalam berinvestasi… dst… dst…

Hmm… emang susah banget yah klo keluar bareng sekali-sekali ngga nawarin produk? Saya ngerti klo yang namanya jualan, pasti pengen banget laku *siapa juga yang jualan ga pengen laku yaak??* tapi klo tiap ketemu ga lupa nyinggung asuransi, kok rasanya bosen juga ya?  Trus pake embel-embel “kita kan perhatian sama elo, Sin…

hehehe… klo perhatian, kok nawarinnya asuransi ajah? kok ga nawarin nganterin pulang?? kok ngga nawarin bayarin makan siang?? hahahaha… *ngelunjak*   Saya kelewat naif kali ya, berharap ngedapetin pertemanan sejati tapi tetep ga bisa terluput sebagai prospective client hehehe…

Nulis gini bukan berarti saya anti asuransi, ga salah dengan produknya, saya jujur berasa butuh malah.  Prinsip asuransi dasarnya kan bagus… Yang jualan aja agak-agak nepsong hehehe…

eh, itulah salah satu alesan saya dulu akhirnya milih asuransi dengan Tante B, karena si Tante ga maksa, bisa menjelaskan dengan objektif (termasuk kekurangan produknya), dan bener-bener helpful ngurusin polis asuransi saya yang jumlahnya ga seberapa dibanding polis klien lainnya yang bisa ngasi bonus keliling dunia.

Btw hal kayak gini ga cuma saya alami dengan agent asuransi, tapi juga sama orang yang jualan produk MLM lainnya, misalnya produk kesehatan lah, vitamin lah, sampe pembalut!! Terus terang, penawaran yang gencar banget kayak gitu sering membuat saya mikir, ini pertemanan masih tulus ga yah??

hehehe…

gambar diambil dari http://www.fotosearch.com
(eh gambar gini boleh diambil ga seh??)

Karawaci, 28 November 2008 – bang bing bung yok… kita nabuuung…

14 thoughts on “Asuransi (dan mlm?)

  1. Gue gak tau dia temen sedeket apa sama elo cuma kayaknya elo gak naif deh, elo cuma memberikan reaksi terhadap perlakuan dia (temen kok dijadiin ajang juwalan), jadi.. sekalian aja kalo gitu. Ketemuan dlm rangka bisnis, hehehe

    Iya.. gue juga agak anti sama org2 yg terlalu nepsong juwalan MLM. Yg kalem malah lebih bikin nyaman yah?😀

  2. temen sekelas gue waktu kuliah tau2 ga ada ujan ga ada angin call gue dan pengen ketemu, taunya nawarin asuransi, untung dia baik dan dulu cukup deket ya bolehlah ketemu melepas rindu, paling soal asuransinya gue tolak, scr udah ada hahaha

  3. hey…🙂 gw juga benci orang asuransi.😛 tapi gw tetep ikutan sih ke Tante temen nyokap karena dia orangnya telaten dan ngejelasin dengan objektif. Btw kalau kata pakar asuransi, mendingan jangan pilih unitlink karena banyak kerugiannya. mending kalau mau investasi pilih reksa dana saham. he he he

    *gw ga jualan loh asuransi atau reksa dana loh… ha ha ha*

  4. Pengalaman gue, kalo ada temen yang udah lamaaaaaaa gak ketemu atau gak ada contact, terus tiba2 nelpon atau ngajak ketemuan, kemungkinannya cuma ada 2: dia mau merid atau mau nawarin produk😦 Ada sih yang bener2 tulus nelepon untuk menyambung tali silaturahmi lagi😀 tapi kasus kaya gini paling cuma 1 dari 10 doang.

  5. sama!! :)) gw juga pernah! hahaha… tiba-tiba ditelpon ajak ketemuan makan, gw uda excited aja, karena temen gw itu orangnya fun dan banyak cerita lucu, eh tengah-tengah makan mulai deh ngeluarin brosur dan jelasin tahap-tahap upline-downline… dasaaarrr!! :))

  6. Iya Yul, penawaran yang bertubi-tubi dari unitlink membuat gw jadi lumayan rajin cari informasi secara gw penasaran, ini produk ga mungkin perfect banget kan… tapi kenapa ga pernah ada yg ngasitau kekurangannya hehehe…

  7. Gua juga punya teman kecil yang tiba-tiba dengan semangatnya ngajak ketemuan dan gua mau aja soalnya kangen.Eh,tanpa ba bi bu langsung nawarin produk MLM! Kuciwaaaaa. Gua dianggep apa. Sejak itu gua udah curiga aja sama teman lama yang tiba-tiba nongol.

Leave a Reply

