Kuliah umum Barry Marshall

Hari ini kampus kedatangan seorang tamu spesial: penerima nobel kedokteran taon 2005, Barry Marshall.  Beliau ngasi kuliah umum di kampus dengan tema: The Excitement of Science and the Nobel Prize.

Supaya ga penasaran, saya nyempetin dengerin kuliah umum.  Pengen tau deh, kayak apa yah kuliah umum oleh penerima nobel?  Apalagi yang mo diceritain masih ada kaitan dengan penemuan Prof. Marshall: bakteri helicobacter pylori (*nah apa lagi tuh*)

Ternyata kuliah umumnya menyenangkan!  Presentasinya sangat menarik, bahasanya ga jelimet, malah sepertinya orang ini sangat kocak dan nekad!!  (*ato sedeng ya??)  Salah satu kenekadannya terbukti dengan melakukan percobaan ke tubuhnya sendiri, yaitu minum organisme H.pylori yang uda dikembangbiakkan!! (trus di presentasinya ada kartun yang ceritain peristiwa itu hahaha, kocak deh!)

Salah satu kutipan yang diomongin menarik deh:

The greatest obstacle to knowledge is not ignorance, it is the illusion of knowledge
katanya Daniel Boorstin – historian


Jadiii… penelitian Prof.Marshall bermulai dari keprihatinan terhadap maraknya penyakit gastritis dan luka di lambung yang diderita oleh hampir 50 persen penduduk dunia hingga saat ini.  Dalam presentasinya, Prof. Marshall bilang klo ada pemikiran konvensional hingga tahun 1982 di kalangan ilmuwan kedokteran yaknii… tidak ada bakteri yang dapat hidup di perut manusia karena perut manusia memproduksi asam dalam jumlah banyak yang kadarnya sama dengan kekuatan asam di aki mobil.

Dr.Barry Marshall lalu kerja bareng rekannya Dr.J.Robin Warren dari Perth, Australia Barat, meneliti masalah tersebut sampe akhirnya tahun 1982 mereka menemukan bakteri yang disebut helicobacter pylori (H.Pylory) yang mampu hidup di dalam perut manusia dan menjadi penyebab berbagai penyakit infeksi lambung, bahkan dapat menjadi faktor penyebab kanker perut.

Penelitiannya juga berujung pada temuan kombinasi obat-obatan yang dapat membunuh bakteri H.pylori dan menyingkirkan luka di lambung secara permanen.

*jadii.. klo ada yang sakit perut, belum tentu maag looh!! juga belum tentu karena stres… sapa tau karena ada sariawan di usus gara-gara si bakteri ituu…

Saya jadi inget penyakit yang diderita nenek sebelum akhirnya dia meninggal setahun lalu.  Awalnya cuma sakit perut biasa yang diduga adalah sakit maag.  Gejalanya juga mirip banget, muntah-muntah, ga napsu makan.  Lalu setelah melewati serangkaian pemeriksaan, ternyata baru ketauan klo nenek terkena kanker usus!

*eh klo perut manusia banyak acid-nya, tu bakteri hebat banget bisa bertahan yaak??!

Lalu, pada akhir presentasinya, Prof. Marshal bilang, penting banget menjaga kebersihan air minum karena dengan konsumsi air bersih bisa mengurangi terkena bakteri ini.  Dan pesennya: sering-sering cuci tangan yaah! 

Informasi lain bisa diliat di –> http://www.achievement.org/autodoc/page/mar1bio-1

Karawaci, 3 Maret 2008 – itu gambar bakterinya


13 thoughts on “Kuliah umum Barry Marshall

  1. Gue inget nih wkt dia menang nobel, karena gue sempet mikir: ooh, maag rupanya karena bakteri yah. Asik juga bisa sempet dengerin kuliahnya Sin.

  2. Iya, Sin…bakteri ternyata kuat bgt. Gw jg inget artikel di Kompas ttg bakteri yg dibawa ke luar angkasa dan pas diteliti lagi daya serang dan daya tahan mereka jadi berlipat2. Kalo gitu, sekarang stress gak bisa jadi alasan kena maag….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s