The Boy in Striped Pyjamas


Rating: ★★★★
Category: Books
Genre: Childrens Books
Author: John Boyne

Sebelumnya, terima kasih saya haturkan kepada jeng Nat, ibunda Callie yang saat ini sedang sibuk menyusui. Berkat kebaikan hati beliau lah saya mendapatkan pinjaman bacaan buku ini.

Liat dari genre-nya sih emang buku anak-anak. Cara penuturan ceritanya pun dari sudut pandang anak-anak, secara tokohnya emang anak-anak. Awalnya saya pikir ini cerita apaan, alurnya gmana, sampe pada 2-3 bab terakhir, mata saya makin cepat membaca setiap hurufnya, pikiran makin fokus pada tokoh dan dialog di dalamnya, bahkan hati saya berdebar membayangkan apa yang akan terjadi, sampai akhirnya mata saya berkaca-kaca saking kagetnya.

Buku ini bercerita mengenai seorang anak laki-laki Jerman berumur 9 tahun. bernama Bruno. Ia tinggal hepi-hepi di Jerman sampai akhirnya harus pindah rumah lantaran ayahnya mendapat kerjaan baru. Bruno menyebut rumah barunya sebagai ‘Out-With’ dan ia merasa aneh karena ga melihat rumah lain selain rumahnya, tetapi begitu banyak orang berpakaian garis-garis di balik pagar tinggi di sebrang sana.

Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang sederhana, namanya juga buat anak-anak. Karakter Bruno yang polos dan jujur sangat kontras dengan kenyataan pahit yang terjadi di masa itu. Tapi saya terus terang ga yakin, apakah anak-anak bisa memahami ending buku ini yang menurut saya, memiliki makna historis yang kuat sekali (*halaah, bahasa gw kayak ceramah dosen antropologi deh). Susah amat sih, bilang aja: endingnya tuh dalem banget, geto kan beres.

Serius deh, endingnya dalem banget. Bikin para pembaca menerka-nerka apa yang terjadi, dan begitulah yang terjadi.

*biar pada penasaran, hihihihi*

Karawaci, 2 April 2008 — ini salah satu buku bagus yang dibaca pas cuti, senang deh! ^__^

4 thoughts on “The Boy in Striped Pyjamas

Leave a Reply

