Nama (atau titel?) panggilan

Saya pikir-pikir, enak juga yah di negara Barat di mana titel panggilan ga terhitung penting-penting amat.  Semua orang tinggal manggil nama, ga pusing mau dipanggil: kak, mbak, mas, koh, ci, pak, bu…  Jadi ga salah panggil gituloh, yah paling mister, miss — kurang lebih begeto.  Daripada salah panggil trus orangnya tersinggung?? soalnya saya pernah denger cerita, ada ce putih yang bete dipanggil cici karena ternyata dia bukan keturunan Chinese.  Sebaliknya, ada ce Chinese yang sebel dipanggil ‘mbak’.  Ada-ada aja ya? hahaha…

Di tempat saya bekerja, titel panggilan dipukul rata: bapak atau ibu.  Yah klo masih muda banget ya dipanggil nama aja selama bukan karena sok akrab.  Pertama kali bekerja, saya baru aja lulus.  Ketika suatu hari saya diminta ketemu tamu, saya beneran ga ngeh ketika saya dipanggil bapak sekuriti: ibu sintaa…

Saya jalan aja terus sampe akhirnya diteriakin, wooii dipanggil wooii…   Aih, itu ternyata saya yang dipanggil?? Kenapa saya dipanggil ibuuu???

Beneraaan, rasanya aneh luar biasa… -___-  kebayang dong?  baru lulus kuliah, penampilan culun mentok (sekarang masih culun juga kadang-kadang hahaha), tampang ibu dari manaaa?? hayaaaah….

Saya masih inget waktu itu saya langsung mewanti-wanti bapak sekuriti untuk meniadakan panggilan ‘ibu’ itu dari nama saya.  Panggil Sinta aja Pak, gpp kok, gitu kata saya.  Si Bapak jawab: iya bu sinta.

Yeee…

Dengan waktu berlalu, saya akhirnya mulai terbiasa dengan panggilan tambahan ‘ibu’ di depan nama saya (eh tapi ini cuma di kantor ya!)  Saya masih suka ngingetin, panggil Sinta aja gpp kok, saya ga marah hehehe… secara ada dong orang yang ngefans dipanggil ‘ibu’ ato ‘bapak’.  Klo cuek mereka santai aja manggil Sinta, tapi yang masih sungkan, biasanya nambahin embel-embel ‘mbak’.  Oke sutralah, terserah deh.

Karena semua di kantor ini menggunakan embel-embel ‘ibu atau ‘bapak, maka seakan-akan semuanya sudah berumur.  Ga heran begitu ketemu langsung, jadinya agak syok.  Idiih… ternyata yang dipanggil ‘ibu’ selama ini kok masih muda amat yaaa… dalam kategori itu, masuklah saya hehehe…

Secara kerjaannya ketemu banyak yang muda-muda (baca: bukan brondong), maka titel panggilan juga sempet dipermasalahkan.  Mereka bilang kagok banget manggil saya ‘ibu’ padahal kok masih muda banget (ehem). 

Lah yang nyuruh manggil Ibu juga siapa yaak?? 

Lalu, akhirnya mereka ada yang manggil saya… ‘cik Sintaaa…’

Panggilan itu membuat saya gerah banget.  Saya kok ga berasa kerja di kantor tapi lagi traksaksi di glodok hehehe…. — ya cik jadi pasnya berapa?? ga bisa lebih murah lagi ?? — saya kan ambil banyak ciikk…

Naah… mengutip panggilan yang terjadi di departemen lain, akhirnya bagi yang manggil saya ‘cik’ saya wanti-wanti… gmana klo manggil nama ajaa?  hehehe… secara saya ga comfort-comfort amat dipanggil ‘cik’.  Tapi ternyata mereka tetep kagok klo panggil saya dengan sebutan nama aja.

Jadi, sekarang saya dipanggil… miss sinta

hmmm… sweet ya?? hihihii…

Jumat, 16 Januari 2009 – ehem… misscommunication… missunderstanding…

31 thoughts on “Nama (atau titel?) panggilan

  1. Miss(ehem…)conception nih Sin :)). Culture di 'barat' juga kan bervariasi tapi secara umum benernya titel itu penting banget:

    – di Jerman, sering kali pake Mr/Mrs. Kalo orang itu Doktor (bukan dokter kesehatan), mending lo panggil Herr/Frau Doktor bla bla bla deh sebelon kena omel :)). Apalagi di perush2 yg masih kuno.
    – Di Amrik dan culture yg mirip2 Amrik juga kan gitu: semua org di panggil Mr/Mrs/Ms last name sebelum menjadi akrab. Yg benernya sama aja dengan Bapak/Ibu toh?

    Sama seperti di Indonesia, semua itu hilang kalau orang sudah menjadi akrab atau orang itu ingin membuat suasana informal: manggil nama depan aja.

    Gue rasa problemnya di sini bukan titelnya per se tapi lebih perbedaan level dan rasis di dalam titel2 di Indonesia. Misalnya Mbak dan Ci, kapan seseorang bisa dipanggil Ibu dan bukan Mbak etc. Itu gue setuju, bingung :)).

  2. sebenere ada baiknya juga dipanggil dengan ada embel-embel di depan.
    secara ga langsung mereka jadinya akan respek juga karena ada embel-embel tersebut, klo panggil nama langsung lama-lama ngelunjak
    ini gue uda kejadian loh. dulu gue risih dipanggil Cici / Ibu, tapi kok lama klamaan jadinya sotoy banged yah apalagi sama bawahan yang sering berhubungan langsung
    jadi sejak itu gue ga peduli deh mau dipanggil Cici / Ibu kek, asal ga dipanggil Oma aja hehehe

  3. Bu Sinta, ehem ehem, kalau gua agak2 bete kalau dipanggil tante …
    pertama kali ngajar, pas th 2000, alias baru lulus, gua juga minta jangan dipanggil ibu, tapi panggil kakak, hahahaha …. masih 22 booo .. masak dipanggil ibu, biarpun dosen tapi umur dan diri merasa belom jadi ibu, hahaha🙂
    Kalau sekarang mah udah sadar diri sendiri sudah tua, ibu pun jadi deh, asal jangan nek atau tante ….

  4. Gue sih mau dipanggil Mbak, Ibu, Miss, Jeng *berasa ibu-ibu arisan banget*, Ci *jarang sih* apa aja deh gpp. Asal jangan ada yang seumuran gue manggil nekat manggil Ai aja *sambit pake golok*

    Sama satu lagi jangan sampe gue denger kata “amoy” yang bagi gue itu rasis, ga berpendidikan, kurang ajar, merendahkan, dan yang pasti gue tinggal pergi sambil buang muka sih😛

  5. miss miss.. giliran miss ajaaa.. setujuh.. kalo cici langsung deh nuansa tawar menawar di glodok.. kamu kurang oriental deh ih sih dong ah..

    Buat gue: panggil nama sahaja.. lebih cepet 5 detik daripada pake pangkat.. gimana manggil Raja Malaysia yea? coba itung berapa detik ilang setiap harinya😛

    Hmm.. athar panggil gue kadang2 ibu, kadang2 mbak.. siwer dia… seharian ma mbak :))

  6. gue jugaaaa gerahhh dipanggil Ci' .. astaga .. berasa kayak di glodog memang yak …. hihi .. ini ada anak2 baru new joiner dari Indonesia .. aneh2 deh ..kalau dulu kita patok rata panggil senior Mbak .. mo cina apa enggak ..semua Mbak ..sekarang .. mereka ada yang manggil snior Tante la .. Cici la ..ggggrrrrrr … belon pernah gue kasih hard time memang nih anak2 …

  7. gue nggak masalah sih dipanggil ibu, mbak, neng, cici…asal bukan dipanggil om aja !
    dipanggil bambang juga gue nggak mau, soalnya nama gue chica
    *maap maap garing, udah malem dan kelamaan di RS hari ini*

  8. Huahahhaha, gw masuk kategori inih! Suka sensi kalo gw dipanggil “mbak” secara muka Chinese bangeth!😀

    Kalo “Cici” masih okelah, panggil nama aja juga OK benernya. Kalo gw liat2 orangnya dulu, kalo sama orang Asia, yang lebih tua, pasti gw pake “pangkat” manggilnya. Kalo sama bule, gw lebih cingcayyyy… Panggil nama langsung. Tapi kalo sama guru bule itu kecuali, krn persepsi gw terhadap guru yang udah terbentuk bertahun2 dari SD ga bisa berubah. Gw pasti manggil dia “Prof…” atau “Dr…”

    Nah, jadi manggil apa nih enaknya, Ci? Eh… Miss? Eh… Cing? Huehehhe

  9. Pas pertama2 masuk ke tempat kerja yg sama itu yg lagi diceritain itu..🙂 malah ada yg wanti2 ke aku, disini karena suasananya akademik harus pakai bapak & ibu.. kalau sama saya engga apa panggil nama saja..
    haaaah.. bingung juga, waktu maksudnya tuh dia nyindir supaya dipanggil ibu kah?🙂
    tapi keukeuh… aku panggil nama, secara umur juga sama hehehe

    belakangan, sama sinta, aku manggil sinta aja.. soalnya berasa dekat😀

  10. Pas pertama2 masuk ke tempat kerja yg sama itu yg lagi diceritain itu..🙂 malah ada yg wanti2 ke aku, disini karena suasananya akademik harus pakai bapak & ibu.. kalau sama saya engga apa panggil nama saja..
    haaaah.. bingung juga, waktu maksudnya tuh dia nyindir supaya dipanggil ibu kah?🙂
    tapi keukeuh… aku panggil nama, secara umur juga sama hehehe

    belakangan, sama sinta, aku manggil sinta aja.. soalnya berasa dekat😀

  11. kalo disini manggilnya semua siu cie (siau cie).
    Pernah nih ya ke pasar belanja, sama penjualnya di panggil leng lui (cewek cakep), aduh asik bangga, eh tau2 ada nenek2 belanja dipanggil leng lui juga, langsung dah manyun gua. Ternyata di pasar gak perduli umur, yg penting wanita di panggil leng lui biar dagangannya laku.

Leave a Reply

