3 Idiots


Rating: ★★★★★
Category: Movies
Genre: Drama

Jika lebih dari 3 orang yang tidak saling mengenal merekomendasikan film yang sama, saya uda mulai curiga, ini kayaknya must-have-seen movie yang bikin penasaran klo ga cepet-cepet ditonton.

Jadilah saya ke Blitz Pacific Place, tempat satu-satunya film ini diputer di Jakarta (minggu ini), hari Senin 15 Februari hanya untuk mendapati bahwa semua kursi uda penuh coy… *mulai kaget* wah sampe sebegitunya ya, ada apakah gerangan? Mau beli untuk Selasa juga uda penuh untuk pertunjukan jam 18.40, jadi kudu beli yang jam 22.00 kalo mau.

Lewat twitter @blitzmegaplex saya dapet info kalo waktu pertunjukannya diperpanjang dan lewat kebaikan hati seorang teman yang bisa memesan tiket online, saya akhirnya dapet kursi *best-view* pada hari Minggu.

Sebelumnya saya uda denger kalo durasi film ini ga tanggung-tanggung, 174 menit saja (!!). Berbekal perut terisi dan kantong kemih kosong, mata dan pikiran saya mulai menikmati gambar-gambar indah di layar. Alur ceritanya pelan-pelan terbangun dengan mulus dengan kekocakan di sana sini. Saya menikmati kisah flash-back yang menjelaskan bagaimana 3 orang sahabat tersebut berkumpul dan melakukan kegilaan-kegilaan khas anak sekolahan. Bikin saya jadi inget kegilaan dulu waktu sekolah sama temen-temen. Kayaknya emang yaah… aktivitas kegilaan bisa beda, tapi spirit gokil kayaknya merata di semua sekolahan di seluruh penjuru dunia wakakaka…

3 idiots bercerita soal persahabatan 3 orang mahasiswa bernama Farhan Qureshi (R. Madhavan), Raju Rastogi (Sharman Joshi), dan Rancchoddas “Rancho” Shyamaldas Chanchad (Aamir Khan) — duh ngomongin namanya susah bener si buat lidah gw — yang bertemu di kampus Imperial College of Engineering, konon adalah salah satu college terbaik di India. Mereka bertiga mengalami banyak hal selama masa kuliah 4 tahun dan akhirnya terpisah setelah kelulusan. Yang bikin penasaran, ga ada yang tau ke mana Rancho pergi setelah lulus-lulusan. Farhan dan Raju penasaran di mana si Rancho berada dan bersama Cathur, teman kuliah yang rese (tapi dia kocak juga hahahhaa), bareng-bareng menguak misteri keberadaan Rancho.

Yang saya suka, alur cerita film ini gesit, lincah tapi tetep detil. Ngga ngasi kesempatan bosen sama sekali. Baru aja sebentar ketawa trus dibuat nangis. Aer mata saya belum kering trus uda ketawa lagi. Terus aja begitu sampe filmnya abis. 174 menit berlalu ga terasa. Hati yang ngenes dibalut dengan candaan yang tulus. Nilai-nilai persahabatan di film ini berhasil membuat mata saya basah dan kering dan basah dan kering, kejenakaan polah tingkah khas mahasiswa membuat saya cekikikan dan merasa geli sendiri. Idealisme cita-cita dan nilai kehidupan di film ini membuat hati saya terharu dan jadi keingetan lagi untuk tetep tekun ngelakuin apa yang saya suka selama ini. Konsep pendidikan ala Rancho menggelitik pikiran saya, klo nanti punya anak, mau digimanain… saya musti gmana, mo diomongin apa, dsb…

Emang si, cerita film ini kelewat “mulus”. Namanya juga film ya hehehe, bisa diatur gmana ending dan alur ceritanya. Walo demikian, untuk kejenakaan, inspirasi hidup dan cita-cita, sentilan kemanusiaan dan nilai persahabatan sejati yang tersaji lewat film 3 idiots, saya berikan 5 bintang dan ajukan jempol sebanyak-banyaknya (hasil dari ngumpulin jempol dari orang-orang yang setuju klo film ini bagus!). Very entertaining, inspiring and enlightening🙂

btw… Buat yang belum nonton, kemungkinan film ini akan diperpanjang lagi penayangannya di Blitz PP Jakarta trus pindah ke PvJ Bandung. Selain itu, kabarnya sudah bisa di-download via internet.

Jatinegara, 24 Februari 2010 – as Rancho said: Pursue excellence, and success will follow, pants down

6 thoughts on “3 Idiots

  1. heh… gara2 ginian gue nonton Avatar yg JELEK!😦

    Thanks to you. Gue dan Jesse demen banget film ini. Kita seharian ngomongin terus😀 Udah lama gak nonton film yg bisa bikin ketawa sekaligus nangis. Dah lama gak nonton film yg penuh pesan moral tapi gak menggurui. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s