FAQ mengenai Jalan-jalan ke China dan sekitarnya

Saya sering membaca pertanyaan mengenai trip ke China (biasanya Guangzhou atau Shenzhen) dan sekitarnya (misalnya HK dan Macau), mulai dari urusan visa, akomodasi, transportasi sampe itinerary.

Di bawah ini adalah ringkasan informasi seputar jalan-jalan ke China berdasarkan pengalaman dan hasil bertanya hehehe…. Semoga informasi ini membantu ya.

1. Visa
Menurut pengalaman, sebaiknya apply visa 2 entry saja.  Biaya visa 1entry dan 2 entry ga beda banyak.  Terakhir saya apply lewat travel agent, bikinnya awal bulan April: 1 entry Rp. 600,000 (harga sudah di-upgrade pihak travel tentunya hehehe, saya dengar jika urus sendiri ke Kedubes China IDR 540,000) dan 2 entry IDR 750,000.  Jika beda hanya IDR 150,000, menurut saya lebih baik 2 entry untuk jaga-jaga, siapa tau di tengah perjalanan ada perubahan rencana sehingga tidak repot mengurus visa lagi.

 

2. Rute dan medium transportasi:
Favorit saya: Jakarta – HK – Jakarta dengan Cathay Pacific.
Alasannya: Cathay sering mengadakan promo, jadi harganya bersahabat.  Awal April kemarin saya dengar berita harga promo sekitar USD 435 (untuk min pembelian 2 tiket).  Pesawatnya nyaman, kursinya enak.  Untuk setiap penumpang yang terbang keluar HK, dapat tambahan free bagasi 5 kilo, lumayan kan klo belanja-belanja di HK, bisa keangkut hehehe🙂

Dari HK, SANGAT mudah untuk lanjut perjalanan masuk ke China (via Guangzhou/Shenzhen).  Transportasi dari HK menuju GZ atau Shenzhen (vice versa) dengan kereta, bisa dilihat di http://www.discoverhongkong.com/eng/trip-planner/gethere-train.html

Selain kereta, juga ada jetfoil untuk rute HK-Guangzhou (jarak tempuh 1 jam 50 menit).  Dari HK lewat port China Ferry Terminal, lalu dari Guangzhou lewat Panyu Lianhushan Port (bisa dicapai lewat subway, keluar di exit Shiqi Station).

Lalu selain kereta dan jetfoil, juga bisa naik bis dari HK-GZ (vice versa) dengan jarak tempuh 2 jam.  Shuttle bis nya terdapat di banyak tempat di HK, begitu sampai HK bisa tanya orang di hotel terdekat.

Jadwalnya bisa dilihat di http://ctsbus.hkcts.com/routes/hk/hk_guangzhou02.html

 

Di Shenzhen, jika naik KA dari HK bisa keluar di stasiun Lo Wu.  Begitu keluar dari sini, untuk nyamannya, bisa langsung lanjut perjalanan dengan subway (namanya Metro).  Biayanya murah dan rute Metro tersedia dalam bahasa Inggris.

 

Untuk jalan-jalan di Shenzhen, saya pernah bikin catatan di blog ini, jika ada waktu silakan baca-baca aja ya.

 

Di GZ, jika naik KA bisa keluar di East Railway Station (Huo Che Zhan Dong Zhan).  Sama kayak di Shenzhen (SZ), begitu keluar dari sini, bisa langsung lanjut perjalanan dengan subway (namanya Metro).  Biayanya murah dan rute Metro tersedia dalam bahasa Inggris.  Informasi ngider-ngider di Gz dengan Metro tersedia di sini.

Mengenai perjalanan domestik di China, bisa dilakukan dengan 3 cara:
a. Kereta api reguler — jika bisa Chinese, bisa cek jadwal di sini http://www.huoche.com.cn/
Saya merekomendasikan naik kereta jika punya waktu.  Menurut saya, terhitung nyaman dan harganya sangat ekonomis, namun memang lama, bisa 20-21 jam.  Harga tiket KA untuk Guangzhou-Beijing sekitar RMB 443 (hard sleeper) dan RMB 705 (soft sleeper).
b. Fast train (kabarnya tercepat di dunia saat ini), pas banget start nya dari Guangzhou.  Setau saya baru konek ke kota-kota tertentu, misalnya Guangzhou-Changsha (ditempuh 2.5 jam saja), Changsha-Wuhan (45 menit), Beijing-Tianjin (30 menit), dll. Jika bisa Chinese, jadwalnya bisa dilihat di website yang sama di atas.

c. Pesawat terbang — jika bisa Chinese, pesan aja begitu sampe di China.  Banyak travel agent yang bisa membantu.  Jika tidak mau repot, bisa pesan/beli tiket di Jakarta.  Sebagai contoh jarak, Guangzhou-Beijing ditempuh 3 jam naik pesawat.  Airlines nya bermacam-macam, bisa dengan China Southern, Xiamen Airlines, Shenzhen Airlines, dll.

Untuk harga tiket dan jam penerbangan, bisa cek di http://www.mangocity.com.cn/ atau di http://english.ctrip.com/ atau di http://www.elong.net/

Kalo lagi jalan-jalan trus liat tempat yang ada bacaan kayak gini, biasanya di dalemnya jualan tiket pesawat.
3. Akomodasi
Untuk hotel murmer, saya merekomendasikan 7 days inn yang bisa dilihat di website  www.7daysinn.cn
Kamarnya bersih, AC, ada water heater, harga sangat bersahabat.  Untuk harga normal start dari RMB 137/nite.  Jaringan hotel 7 days inn cukup luas, ada sekitar 283 hotel yang letaknya tersebar di seluruh China. Review-nya saya posting di sini
Selain 7 days inn, saya juga merekomendasikan http://www.jinjianginns.com/en/Default.aspx
Sama kayak 7days, harganya murmer, kamarnya bersih dan harganya ga bikin bokek hehehe…
Biasanya Jin Jiang Inns lebih banyak di daerah Utara, sedangkan 7-Days Inn di bagian Selatan China.
Intermezzo… Jika mau di hotel di Guangzhou, Lido Hotel di Beijing Road sangat strategis.  Dekat dengan pusat belanja, tempat makan dan akses transportasi yang mudah.  Banyak sekali orang Indonesia yang memilih menginap di sini ketika main di Guangzhou.
4. Provider ponsel
Ada 2 provider hp di China, yaitu China Mobile dan China Unicom.  Jaringan China Mobile lebih luas di China, di Indonesia ibaratnya Telkomsel dan China Unicom seperti XL.
Foto di atas dan bawah ini adalah gambar lambang mereka.  Biasanya di pinggir jalan banyak toko yang jual SIM card atau pulsa isi ulang.  Bahkan di kota-kota besar, misalnya Guangzhou, pulsa hp tersedia di 7-11 dan minimarket lainnya.
5. Itinerary perjalanan
Itinerary dibuat berdasarkan tujuan perjalanan.  Jika tujuan perjalanan adalah business-trip dan mau lihat industry, mau industry apa?  Tentukan dulu tujuan perjalanan kita.  Kebanyakan orang mampir di Yi Wu untuk melihat barang-barang apa yang bisa dijual di Indonesia.
Sekedar ide aja ya… Jika waktunya 20 hari, mungkin kira-kira itinerary nya begini:
day 1: Jkt-HK
day 2: HK
day 3: HK-SZ
day 4 – 5: Shenzhen
day 6: Shenzhen – GZ
day 7 – 9: Guangzhou
day 10: liat daerah industry Dongguan
day 11: Guangzhou – Shanghai
day 12 – 14: Shanghai
day 15: Shanghai – Beijing
day 16 – 18: Beijing
day 19: Beijing – Guangzhou/Shenzhen
day 20: Guangzhou/Shenzhen – HK
day 21 – 22: HK
day 23: HK-Jakarta
upss… malah lebih dari 20 hari tu hehehe…
(*note: klo masih ada waktu, sekalian aja mampir ke Macau karena uda deket banget).
Anyway, ini cuma usul aja ya, silakan modifikasi itinerary pribadi kalian😀
Kesimpulannya, jalan-jalan ke China tidak susah, saya yakin dengan informasi dan nyali yang cukup, pasti bisa🙂
Selamat jalan-jalan!
Jatinegara, 20 Mei 2010 — copas dari email yang pernah saya tulis untuk milis almamater, update akan terus dilakukan seperlunya

15 thoughts on “FAQ mengenai Jalan-jalan ke China dan sekitarnya

  1. Sienny: sama-sama, semoga bisa kepake yaaa ;D

    Linda: your welcome, ditunggu kabar wisata belanja nya hihihi😀

    Yani: jadi, kapan mo pergi?😀

    Chikupunya: thanks for stopping by! Have a nice trip!

  2. Infonya lengkap dan jelas banget. Enak dibaca lagi. Thanks Sin.
    Btw, sekarang Mandala buka rute baru ke HK, karena lagi promo, denger2 harganya 800rb one way. Boleh dicoba tuh….🙂
    I love HK so much…..my dream is to take my kids to HK Disneyland.🙂 Katanya hotel Disneyland-nya bagus banget!!!! Udah pernah coba?

  3. Halooo… thanks uda mampir yaa😀 baru tau Elmene punya account mp juga hehehe. Iya gw juga suka HK, kotanya enak dan bersih walo crowded, ke mana-mana gampang dan ga takut nyasar karena signage nya jelas.

    Hotel Disneyland katanya si enak. Banyak temen yang bawa anak/keluarga da coba, jadi aku denger komentar seru dari mereka. Aku personally belum coba, abis tiap ke HK kebanyakan sendirian jadi ga seru tinggal di hotel bagus sendirian hehehe😀

  4. Kalo di GZ mau dekat tempat river cruise dan shopping mendingan nginep di hotel apa ? Apakah web unt hotel 7daysinn ama jinjianginn ga ada yg versi english ? Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s