Fuyunghai ala Nyonya Rumah


Description:
Belakangan lagi pengen masak Fuyunghai karena gampang dan praktis😀

Tadi siang iseng baca-baca buku Pusaka Kuliner Nyonya Rumah – 1200 resep masakan dan kue legendaris, ketemu resep Fuyunghai. Keliatannya ga susah dan setelah dicoba, rasanya enak ^__^

maaf ga ada foto fuyunghai, uda keburu abis hihihihi… Foto cover bukunya aja ya😀

Ingredients:
Bahan:
2 kepiting rebus yang bertelur dan sedikit ham (*karena ga ada, saya pake ayam. 1 potong paha direbus, setelah empuk, ditiriskan, disuwir dan dipotong kecil-kecil. Jangan buang air kaldunya, dipakai lagi nantinya*)
1 genggam kapri muda (*saya ga pake karena ga ada stok di rumah*)
1 buah wortel (*saya cuma pake setengah karena wortelnya besar*)
1 batang seledri
1/2 kaleng doperwten (kacang polong kalengan) – tidak saya pake karena tidak ada hehehe…
4 butir telur ayam
1 buah bawang bombay atau 3 butir bawang merah
1 sdm tepung kanji — saya pakai Maizena
4 sdm saus tomat
1 sdm gula pasir
Garam dan merica bubuk secukupnya
1 sdm kecap manis — saya tidak pakai
1 cangkir kaldu ayam — saya ambil dari sisa rebusan ayam
minyak babi — saya pakai minyak wijen

Directions:
Cara membuat:

1. Bawang bombai, ham, kapri dan wortel diiris halus, lalu digoreng dengan sedikit minyak babi sampai layu.

2. Telur dikocok dengan sedikit garam (saya pakai kecap asin). Sayuran yang sudah ditoreng dan daging kepiting serta ham dicampur dengan kocokan telur, taruh sedikit merica. Semua diaduk rata, lalu dididadar di wajan dengan beberapa sendok minyak babi, api jangan terlalu besar supaya tidak mentah di dalamnya. Jika sudah dikuning, dibalik.

Untuk saus: 1 sendok makan minyak ditaruh di wajan, tuangi saus tomat dan air doperwten dan tambahkan kira-kira 1 cangkir kaldu ayam. Masukkan kecap, garam dan gula, lalu kentalkan dengan tepung kanji yang terlebih dahulu dicairkan dengan sedikit air (saya pakai kaldu ayam). Masak sambil diaduk hingga mendidih, lalu angkat.

Menyajikannya: telur dadar ditaruh di piring, siram dengan saus, lalu pinggirannya dihiasi kacang polong.

Resep diambil dari hal.150 buku Pusaka Kuliner Nyonya Rumah.

6 thoughts on “Fuyunghai ala Nyonya Rumah

  1. Iya Ven, pas ada waktu dan asal ga kelewat ribet, gw pengen coba😀 ~ gw belakangan jadi sering browsing blog resep elo dan Jenz, cari-cari apa yang bisa gw coba. Next goal adalah bikin pudding peach nya Chica, tapi blum nemu peach nya. Begitu nemu, gw mo buat aah

  2. Gue juga punya buku ini, padahal nyokap punya yang terbitan lamanya. Beli pas gramedia diskon 30%. Hihihi. Waktu nyokap nanya, ngapain beli? Ya buat petunjuk anak perempuan Mama yang kelak ga tinggal sama Mama dong😛

  3. Wah, hebat; Cing-cing sekarang udah pinter masak. Ini keliatannya enak, pake kapri segala. Gue mau bikin ah, berdasarkan resep ini. Thanks for bringing it up. O ya, baru 'ngeh' ada ya buku “Nyonya Rumah” versi modern. Gue sih punya, yang “Tjetakan 1962”, lungsuran dari mami gue, pas dia gue baru merit :)) :))

  4. Sisca: hahahaha bener juga ya, buat jadi petunjuk di masa depan😀 buku gw itu punya cici ipar, gw nebeng baca aja. Dia sampe bilang, gw yang beli aja belum sempet coba masak hihi

    Akong: yeeee… ini mah blum pinter, baru eksperimen saja. Gw bersyukur sukses enak😀 (*soalnya beberapa hari sebelumnya nyoba masak menu lain yang bukan dari buku dan gagal dengan sukses)

    Di halaman-halaman pertama buku itu ada gambar sampul buku cetakan sebelumnya, mungkin yang elo punya yang itu😀

Leave a Reply

