Minggu ke-11

Menurut website yang saya ikuti selama kehamilan www.whattoexpect.com, ini yang terjadi selama minggu ke-11:

Your Baby in Week 11 of Pregnancy 
Your baby (now about two inches long) has been pretty busy this week, growing hair follicles, fingernails, and ovaries (if she’s a girl). She has distinct human characteristics by now, with hands and feet in front of her body, with ears nearly in their final shape, open nasal passages on the tip of her tiny nose, a tongue and palate in the mouth, and visible nipples. What else makes her look human? Those hands and feet have individual fingers and toes (meaning good-bye to those froglike webbed hands and feet). Hooray!

Slightly more than two inches long now and weighing about a third of an ounce, your fetus is growing by leaps and bounds when you are 11 weeks pregnant. And so is his or her head, which is equal in length to the rest of the body (don’t worry — all fetuses are top-heavy). 
  
On the crown of that large head (and over the rest of the body), hair follicles are forming. Fingernail and toenail beds begin to develop this week and by next week, the nails themselves will start to grow (so don’t forget to add a baby nail clipper to your to-buy list).

Your baby’s body is straightening and his or her torso is lengthening (sounds like a yoga pose, doesn’t it?). Other poses your baby can assume now: stretches, somersaults, and forward rolls. And while you can’t tell this baby’s gender by its cover yet, testes are developing if it’s a boy and ovaries if it’s a girl.

Pagi ini jadwal saya bertemu dr. Handaya di RS Medistra.  Lalu di-USG.  Naah waktu USG, mulai keliatan deh bentuk si baby.  Wah bener seperti apa yang dijelaskan di web, uda berbentuk loh baby nya!  Beda sama USG pertama yang keliatannya cuma kayak sepotong daging berdetak, tapi belum keliatan bentuknya.  Tadi pagi, saya sudah melihat bentuk baby dengan kedua tangan dan kaki.  Berhubung masih kecil, ruang geraknya masih sangat luas.  Dia terlihat seperti berenang-renang.  Saya memandang si tiny baby dengan kagum, ternyata memang… saya beneran hamil ya hehehe…

Tiba-tiba, waktu kami semua sedang memperhatikan layar, tiba-tiba kaki baby bergerak seperti menendang, lalu tangannya juga bergoyang.  Aduuuhhh saya langsung excited… 

  Lalu seakan-akan dia tau sedang ditonton, tiba-tiba posisinya berpindah dari sisi kanan ke atas, seperti akrobat!  Saya dan Arief langsung tertawa dan merasa takjub dengan apa yang kami lihat.  Saya jadi ingat pose apa saja yang bisa dilakukan si tiny baby seperti tertulis di web:  stretches, somersaults, and forward rolls. Aha!  It seemed that he just did forward rolls! Suster dan dr. Handaya yang melihatnya ikut tertawa.  Waktu saya bebersih setelah USG, suster berkata, Tuhan memang ajaib, di dalam perut manusia bisa ada manusia kecil yang bergerak-gerak…

Sebelum pulang, dokter menulis resep: tablet zat besi dan kalsium.  Asam folat yang saya minum selama 30 hari ini akan segera habis dan menurut dokter sudah cukup.  Sisanya, saya baik-baik aja.  Syukurlah, saya lega… 

Minggu ini saya berasa lebih kuat, tidak selemas minggu sebelumnya. Napsu makan juga mulai normal, tidak seganas minggu sebelumnya.  Porsi ngemil lebih sedikit walo tetap tidak boleh dalam kondisi lapar.  Langsung eneq soalnya.  

Perjuanngan mingu ini: mencari alpukat!  Susah loh ternyata mendapatkan alpukat enak yang bagus.  Dari beberapa kali saya belanja alpukat, baru sekali saya mendapatkan (beberapa) alpukat bagus di Foodhall.  Begitu habis dan balik lagi, alpukat yang tersedia tidak seperti yang saya dapatkan sebelumnya.  Biasanya alpukat belum matang, lalu ketika ditunggu matang di rumah, hasilnya tetap tidak sempurna.  Busuk di sana sini.  Setiap ke supermarket mana pun, saya selalu cari alpukat, beli 2-3 buah, namun belum ketemu lagi seperti yang pertama.  Mama mertua bilang, beli alpukat di Bogor aja, bagus-bagus…

Wah, beli alpukat aja sampe di Bogor??  Kayaknya klo sampe sana, ga cuma alpukat yang kebeli.  Sotomie, es kelapa, beli roti unyil, makan nasi uduk dan ayam goreng, dll.. dll… 


Jatinegara, 14 Oktober 2010 – masih senyum-senyum tiap keinget si baby kecil yang akrobat 

2 thoughts on “Minggu ke-11

Leave a Reply

