Minggu ke-12

Minggu ke-12.  Paaass de 3 bulan 

Katanya, begitu lewatin trisemster pertama ini, badan bumil akan terasa lebih enak, lebih enteng, pokonya siap diajak jalan-jalan (itu sih terjemahan saya hehehe).  
Nyatanya, seminggu ini saya malah berasa eneq banget.  Awal-awal kehamilan yang diantisipasi eneq dan mual, justru ga kejadian sama saya.  Tapi seminggu ini, yang ada kepala saya pusing tiap siang, badan terasa tidak bertenaga bahkan sempet muntah di beberapa sore.  Selera makan saya juga menurun, saya ga lagi bernapsu melihat makanan, bahkan buah kesukaan yang biasanya sanggup dilalap sendirian, kali ini cuma tersentuh beberapa potong.  Sebel jadinya, berasa lemah bener. 
Beberapa hari lalu, perut saya terasa tidak nyaman.  Kenceng gitu loh, kayak kekenyangan makan padahal asupan makan masih standar-standar aja.  Saya mikir, ini kenceng kembung ato kenceng blum bab ya.  Saya bawa istirahat aja, secara ngga ngerti apa yang terjadi.  Beneran, ga enak banget rasanya, tidur juga ga bisa pules karena perut kenceng.  Saya gelisah seharian.  
Keesokan harinya, saya iseng bertanya pada beberapa teman yang sudah lebih dulu mengalami kehamilan.  Ternyata, perut kenceng itu bukan pertanda baik.  Kenceng artinya kontraksi.  Waduh… *baru tau* ~ jauh bener dari dugaan saya: kembung ato absen bab.
Seorang temen langsung membalas ‘curhatan’ saya tentang perut kenceng di bbm dengan font kapital: ISTIRAHAT!!  JANGAN CAPE-CAPEE!! plus sederetan pesen serupa, lalu menelpon saya demi memastikan saya baek-baek aja.  Saya terharu jadinya.  Saya nurut aja deh, secara dia lebih pengalaman dengan 3 anak hehehe…  Lalu dia juga bertanya jika ada flek.  Untungnya, tidak ada flek terjadi selama ini *lega*
Teman yang lain juga berkomentar kurang lebih sama.  Lalu mengingatkan, jika masih terasa kenceng, musti cek ke dokter.  Biasanya kontraksi terjadi karena bumil kecapean atau stres.  Saya jadi inget-inget, emang ngapain aja ya sebelumnya.  *mikir* ummm… Stres si engga… tapi kecapean mungkin iya.  Sebelumnya, selama 4 hari berturut-turut saya keluar rumah seharian dan pulang larut malam.  Sebenernya ga disengaja pulang malem si, “kebetulan” kena macet melulu di jalan dan akibatnya sampe rumah uda malem dengan kondisi teler kecapean di jalan.  Sepertinya ini yang buat perut saya terasa kenceng setelahnya…
Jadi sisa minggu ini saya lewatkan dengan istirahat di rumah, sambil banyak membaca dan mencari tau soal krim stretch-mark.  Tadinya si ga peduli-peduli amat, tapiii… di minggu-minggu awal kehamilan, krim stretch-mark termasuk hal yang sering diingatkan pada saya.  Yang tadinya saya ngga gitu ngeh, akhirnya jadi nyari juga.  Yang tadinya saya cuma ngolesin Jergen khusus very-dry skin, akhirnya jadi spesial nanya dan cari info soal ini.  So far, saya baru nyobain Palmer’s (dengan bau cocoa butter yang bikin saya kayak Milo siap minum)  dan Pigeon.  Di beberapa forum bumil, banyak juga yang merekomendasikan Mustella selain Mothercare *mengangguk-angguk* Baiklaaah, saya akan mencobanyaaa😀  Anggep aja petualangan mencoba krim *sok bergaya beauty-editor di majalah-majalah*~ 
Masa kehamilan harus dibuat seneng-seneng aja toh? *daripada eneq melulu??* 
Jatinegara, 22 Oktober 2010 – Semoga minggu depan ga eneq-eneq lagi ya…  

10 thoughts on “Minggu ke-12

  1. Sintul sayang, pengalaman gue, krim strecth mark gak banyak membantu untuk mencegah stretch mark. Gue waktu itu beli 2 macam: Palmers's cocoa butter, mother to be cream dari mothercare, semua diolesin, tapi waktu bulan ke 7, tetap aja stretch mark keluar. Menurut dokter itu tetap tergantung jenis kulit, bahkan rendeman di cream juga gak membantu! Hahahaha ekstrim banget ya komen dokter gue… Nyokap gue anaknya 5, gak ada strecth mark, sementara gue waktu itu anak baru satu udah kena strecth mark…

    Jadi tetap olesin aja cream-nya, tapi jangan kecewa kalau nanti strecth mark tetap muncul. Semoga kulit lo jenis yang cukup kenyal seperti nyokap gue (gue yg anaknya aja nggak, hahaha) jadi ada stretch mark…

    Jangan capek-capek, tetap makan enak, tetap gaya (baju hamil sekarang lucu – lucuuu) dan enjoy being bumil *hugs*

  2. Litaaaa… *peyuk* baruuuu aja semalem gw denger komentar yang sama dari temen gw. Dia pake krim stretchmark sejak bulan-bulan awal, rajin dan krimnya juga ga nanggung-nanggung: Palmer's dan… Clarins!! Habis sampe berbotol-botol (dan otak gw langsung sibuk mengkalkulasikan harga per botol dengan total pemakaian hihihihihi), tetapi begitu di bulan ke-9, stretch mark timbul di bawah perut😀 Jadi memang yah seperti kata elo, tergantung kulitnya. Mungkin bisa diperlambat aja prosesnya, tapi emang perempuan kudu berpasrah ni, uda nasib kalo sampe stretchmark hahaha…

    Baiklaaa, aku akan tetap makan enaaaak ^______^

  3. Gue nggak pernah pake krim-kriman dan alhamdulillah nggak ada stretchmark sama sekali sekarang, dulu sih sempet ada, tapi lama kelamaan hilang sendiri.
    Jaga kesehatan, istirahat cukup, makan yang bergizi dan jangan lupa air rebusan kacang ijo yaaa *nasehat andalan gue nih secara udah ada buktinya*

Leave a Reply

