Mandi dan kamarnya

Dulu saya pernah posting soal mandi (di sini).  Pagi ini, waktu asik-asik mandi, saya terpikir lagi hal lain soal mandi.

Pengalaman paling berkesan soal mandi waktu keciiiillll banget dulu itu adalah, dihandukin sama mama setelah mandi lalu kedua kuping ditiupin.  Sampe sekarang saya masih ingat momen manis itu dan bertekad akan ngelakuin hal yang sama ke anak-anak saya nantinya.
Semalem saya tiba-tiba keingetan, waktu kecil, saya orangnya ga telaten menyabuni diri sendiri.  Sabunan paling cuma area tangan dan badan, trus bilas hahahaha… ketauan banget deh malesnya.  Yah namanya juga anak-anak, mandi kan males… dingin pulak.  Ga tauu kenapa, kok saya maleeess banget ya nyabunin kaki hahaha… tenang, itu masa lalu.  Sekarang mah semua juga disabunin loh! 
Naaah teruuuss… Secara dari kecil ga dapetin fasilitas heater untuk kamar mandi, jadi kalo lagi ga enak badan mandinya pake aer anget hasil masak di dapur, lalu dituang ke ember gede, lalu dicampur dengan air dingin supaya ga panasnya pas.  Kebiasaan mandi air dingin jadi kegiatan rutin setiap hari kecuali saya lagi tepar, ga kuat kena air dingin. Waktu di SMA dan tinggal di asrama, berhubung showernya baru ada air dingin aja, pasrah deh ga mandi kalo lagi sakit (*padahal seneng juga, sekali-sekali skip mandi ga dosa kan yaaa)
“Kemewahan” mandi air hangat dengan shower biasanya baru bisa dinikmati ketika nginep di hotel (*kasian ga seh, musti nginep di hotel baru mandi shower air hangat*).  Seneng banget rasanya bisa mandi aer anget.  Apalagi kalo kamar mandinya bagus, makin seneng deh lama-lama di kamar mandi hehehe… Temen saya komen, kenapa si elo ga pasang heater di kamar mandi elo?  Umm.. yah secara saya selama kuliah ngekost, masa gw bela-belain pindah kost demi air hangat??  Tapi kenyataannya begitu tinggal sendiri, saya juga ga niat-niat amat cari heater buat di kamar mandi.  Biarin mandi masih tradisional dari bak dengan gayung, saya sukaaa banget.  Lebih enak lagi kalo airnya uda ngendap semaleman, begitu mandi pagi, rasanya lebih dingin di kulit dan segaaaarrr…  
Buat saya itu namanya: salah satu kenikmatan dunia hehehe… 
Setelah menikah, baru tau kalo ternyata suami fans air hangat.  Berkebalikan total sama saya.  Sejak kecil dia justru terbiasa mandi air hangat.  Jadi sekarang kamar mandi kami ada fasilitas air hangatnya.  Mentang-mentang sekarang punya air hangat, saya mulai menikmati mandi air hangat.  Apalagi kalo malem-malem mau tidur, mandi air hangat dulu sebelumnya, apalagi abis kelar gym… hmmm… semua setuju kalo itu rasanya enak bukaaan?? 
Tapi ternyata sodara-sodara… kenyamanan itu tidak berbanding lurus sama ketahanan kulit saya.  Suatu malam sehabis mandi saya menemukan kulit saya bintik-bintik merah sepanjang perut dan paha.  Banyaaakk banget, sekilas saya jadi kayak kena campak.  Karna penasaran, saya cek ke dokter kulit di Siloam Kebun Jeruk.  Dan katanyaaa… kulit saya ga tahan mandi air panass…  
Keluar dari ruang dokter saya rasanya pengen ketawa ngakak… kirain maah kenapaa, ternyata hahahaha… emang dasar kulit kampung yang biasa main air dingin di bak, sekalinya dapet fasilitas heater malah ga kuat hahahaha…  Trus sama dokternya dikasi racikan lotion dingin yang masih saya simpan just in case nanti ada masalah kulit di masa datang.
Saya ga anti mandi air panas, muna banget kalo bilang ga sukaa… apalagi kalo lagi cuaca dingin, hujan-hujan, mandi air hangat kan enaakk banget…  Cuma berhubung kulit saya ga kuat kalo sering-sering, biasanya saya mandi air hangat kalo uda kemaleman, itu juga sekadar ada angetnya aja.  Kalo pagi, saya tetep mandi air dingin.  Nah sekarang lagi hamil begini, saya makin suka mandi air dingin.  Soalnya kalo mandi air hangat, udahannya kulit jadi kering banget dan terasa makin gataaaalll… garuk-garuk dotcom deh udahannya.
Itu soal mandinya.  Sekarang soal kamar (mandi)nya. 
Saya baru ngerti ada yang namanya kamar mandi (toilet) basah dan kamar mandi (toilet) kering setelah… umm, kapan ya, umur belasan?  Dulu saya pikir yang namanya kamar mandi di mana-mana itu sama aja.  Dan karena uda terbiasa dengan yang ada di rumah, saya ga pusing mao basah ato kering, selama ga bikin orang kepleset karena licin.  Lalu saya baru tau yang namanya area basah dan kering.  Dan belakangan ngeh sama interior kamar mandi.  Plus asesorisnya yang lucu-lucu.  Lalu ngeliat banyak contoh kamar mandi (terutama hotel) yang bagus-bagus.  Pilihan keramik lantai dan dindingnya yang keren.  And suddenly, those things matter to me. 
Jadi ketika ada kesempatan untuk memiliki kamar mandi sendiri, saya langsung terbayang: saya suka kamar mandi kering.  Walaupun bagian shower dan toilet tidak ada partisi/kaca pemisah, sebisanya dibuat (agak) kering.  Yah kalo abis mandi sih pablebuat ya jeeeng… selama airnya ga bertebaran ke mana-mana.  Lagian kan ada shower curtain.  Bisa diatuurr…
Tapi kalo ditanya apakah saya pengen ada bath-tub ato kagak, saya milih engga.  Alasan kepraktisan aja, space kamar mandi saya ga besar.  Mendingan space yang lebih dibuat walk-in closet aja hihihihi *dasar perempuan*  Alesan lainnya, kayaknya ga sering dipake tu bath-tub.  Malah ribet nanti bersihinnya *males dotcom*  omong-omong, saya pernah liat kamar mandinya temen yang ada bath-tub yang modelnya kayak bath-tub Donal Bebek, ih lucu banget yaah…  Klasik banget keliatannya.  Kayak di film-film ya hihihihi…
Di sini siapa yang suka dengan adanya cabinet di dalam kamar mandi??  *saya langsung ngacung jari*  Emang enak punya cabinet di dalam kamar mandi yang bisa ditaro macem-macem.  Kalo kamar mandinya luas, rak kayu juga oke banget diletakkan di dalamnya.  Lumayan buat nyimpan handuk dan teman-temannya.  Berhubung saya ga punya ruang yang cukup besar, cabinet di kamar mandi isinya peralatan mandi aja deh.  Itu aja letaknya juga tersembunyi di balik cermin biar hemat tempat.  
Punya gitu aja uda bikin saya hepi hehehe… 
Kapan-kapan kalo ada kesempatan desain kamar mandi, saya pengen sebagian dinding kamar mandi dibentuk dari ubin kecil yang diatur jadi mozaic warna warni.  Duh kebayang cakepnya.  Warnanya yang cerah pasti bikin suasana kamar mandi lebih ceria.  Ukuran kamar mandi mah ga perlu besar, yang penting ada cermin yg cukup gede buat ngaca mencetin jerawat, pencahayaan yang cukup dan nyaman.  Nyaman buat mandi, nyaman buat dandan, dan nyaman buat ngetem bab hahaha…
Jatinegara, 15 November 2010 – hayoo mandi tiap hari gaaa?? 

12 thoughts on “Mandi dan kamarnya

  1. Wah, sama persis Ci, dulu waktu gw kecil, aernya musti dimasak manual. Dan kebayang ga ada berapa anak kecil di rumah, aer yang dimasak musti berapa panci, wuahahahahhaa ;D Abis uda gedean (SMA kalo ga salah), baru dipasang heater pake shower pula. Sebelomnya mah bak doank pake canting, baknya gedeeeee banget, waktu kecil bisa berenang bolak balik wakakakkaka😀

  2. oiya, mandi di bak itu jadi pengalaman asik juga ya. Gw juga inget pernah begitu hahaha… biasanya pas mao cuci bak, jadi sekalian dibuat maenan dulu, baru udahannya dicuci deh. Berasa kayak mandi di bath-tub tapi ketinggian hahahaha

  3. Dulu gue juga terbiasa mandi air dingin. Setelah SMA di rumah pasang gas water heater, jadi 'tuman'. Btw, kaca di kamarmandi juga kudu ditambah lagi dengan satu kaca bundar dengan perbesaran 10X buat mencet jerawat, jadi keliatan tuh semua pori-porinya :))

  4. sayang yah jerawat ga kayak font di Blackberry yang bisa di-zoom perbesar hihihi, lagian Koonngg… emangnya elo di umur segini masih berjerawat?😀 *eh, komedoan kali ya?? hihihihi*

  5. hehehe…. tulisannya lucu Sin. Soal kamar mandi, dulu bak mandi suka buat 'berenang' sama gue dan adik2 gue. Kalo ketauan nyokap…..😀 Kan kotor ya direndem gitu dan mesti dikuras, buang2 air bersih. Pikir2 mati deh kalo gue punya anak sebandel gue :)).

    PS: umur segini, masih jerawatan. Gue yakin gak bakal ilang biarpun gue keriput :((.

  6. hahahaha… jadi sebenernya renang bareng adek-adek itu ide siapa? Siapa yang duluan terpikir ato ngajak? Temen gw malah ada yang sengaja, waktu liburan anak-anaknya “dicemplungin” ke bak mandi dan disuruh mainan di sana (lalu udahannya dikuras).

    Dulu kamar mandi rumah tuh ada sekat udara, gw kadang iseng manjat bak mandi trus berdiri di atasnya dan ngintip, ada apa sih di balik sekat udara itu😀

    PS. Jerawat mah emang ga diduga, tau-tau suka nongol. Kalo gw, asal ga dipencet paksa, nantinya ilang sendiri. Cuma emang, menahan diri ga mencet itu yang susaaaahhhh hahaha…

  7. Hehehe bak mandi rumah dulu lumayan panjang, pas main sm tetangga kita saling berendam di bak masing2. Tanpa ketauan bonyok yah. Gitu ketauan habislah diomelin & misuh-misuh mandi pake air rendaman kita hihihi
    Bak mandi yg kalo lama ga dibersihin trus ada 'cu' nya *jorok yak😀
    Eh ngomong2, mungkin dibuat listnya Betmen & Kodod, pasti banyak kesamaannya d

  8. Ritual mandi Callie juga gitu, pertama siram badan,usap2 mukanya, trus sabunan (gosok semua dr leher,ketek,tangan,kaki,pantat,telapak kaki) bis ntu bilas & digosok2 biar sabunnya ga nempel, tus handukan d. Plus lap belakang telinga & tiup.
    Nah khusus utk tiup telinga itu dia ga mau kalau dimandiin selain sm g.

    Soal kamar mandi ideal g, yg pernah g ceritain yak…g mau pencahayaan cukup dimana siang hari ga usah nyalain lampu. Keramiknya juga kudu terang, tus ga bau.
    Tus kalo bisa air flush-an pake air bekas pakai aja,sayang gt loh buat flush pake pdam *eh ini mah ribet yak*

    Walo ga suka mandi boleh dong banyak maunya hihihi

  9. baru gw mo komen, perasaan situ ga paporit mandi, kok maunya banyak hihihihihi😀

    btw soal kamar mandi yang ga bau, kayaknya semua orang sukanya gitu. Emang ada yang suka kalo bau? hihihi..

Leave a Reply

