Inception


Rating: ★★★★
Category: Movies
Genre: Science Fiction & Fantasy

Telat banget deh nulis review Inception baru sekarang. Abis baru dapet dvdnya😀 Susah ternyata dapetin yang ori. Entah kenapa kok lama keluarnya ya. Atau tempat langganan saya ga dapet jatah ya?

Uda pada nonton belum?

Waktu film ini main di bioskop, saya lupa persisnya gmana, tapi kayaknya waktu itu saya lagi ribet banget jadi ga sempet nonton. Padahal semua orang uda komentar bagus. Apa daya, saya dan Arief kelewatan. Jadi niatin cari dvd nya aja.

Film ini emang keren banget. Saya sih ga heran kalo banyak yang komen Christopher Nolan adalah salah satu sutradara jenius. Liat aja contoh hasil karyanya Batman Dark Night. Aduuuh… bener-bener bikin badan merinding kan pas nonton. Serem-serem psycho gitu ngeliat tokoh si Joker dan kejutannya.

Kata Wikipedia, script film Interception ini sudah disiapkan 9 taon sebelum film ini (akhirnya) dibuat. Saya langsung kagum begitu tau fakta ini, nulis maraton skripsi 6 bulan (aka 1 semester) aja uda bikin geregetan, gmana yang on-off-on-off 9 taon?? Kebayang dong revisi dan perubahannya. Di tengah-tengah penulisannya, Nolan akhirnya memutuskan untuk ngerjain film-film gede untuk nambah pengalaman. Lalu Nolan ambil waktu lagi 6 bulan untuk memoles script ini sebelum akhirnya djual ke Warner Bros. Emang keputusan jenius. Liat aja hasilnya, jalur cerita yang menarik dengan dukungan akting maksimal para pemain membuat film ini bener-bener worth it ditonton. Banyaknya pemain yang terlibat tidak membuat akting dalam film ini jadi pincang (misalnya yang satu lebih oke dari yang lain), karena menurut saya, semua pemain punya porsinya masing-masing dan memiliki bagian penting. Leonardo DiCaprio keliatan makin mateng dan teteup: ganteng hihihihi… Marrion Cottilard nya cantik (*masih inget waktu nonton film Nine, dia cantiiikkk banget). Ellen Paige juga asik, keliatan bedanya dengan karakter di film sebelumnya (Whip). Saya juga suka score-nya Hans Zimmer, yang ini mah hasil kerjanya ga usah diragukan (*kapan dia bikin music score jelek ya?? haha) sukses membuat saya merinding di bagian-bagian tertentu. Kalo gini baru berasa: untung nonton di dvd, kalo takut saya tinggal kabur aja cari cemilan hihihi…

Setelah nonton di dvd, berasa agak nyesel juga kenapa ga nonton di bioskop aja, pasti lebih seru soalnya. Ada beberapa adegan cepat yang ga ketangkep mata karena nonton di dvd yang layarnya kecil, apalagi adegan berantem di zero-gravity. Puyeng melototin layar dvd yang kecil hahaha…

Saya ga bermaksud nulis isi cerita ini. Yang belum nonton, kudu nonton biar ngerti. Soalnya kalo diceritain bener-bener ga seru deh. Intinya, film ini tentang mimpi, mimpi yang dengan kecanggihan teknologi dimungkinkan dibuat berlapis: mimpi dalam mimpi, bahkan bisa sampe 4 lapis!! *mungkin kalo yang pernah ngalamin, ada hubungannya dengan istilah “ketindihan” ya?*

Dan memang… setelah nonton film ini, saya juga jadi mikir dengan mimpi-mimpi saya selama ini. Mimpi yang indah, yang menyisakan senyum ketika saya bangun di pagi hari atau justru sebaliknya, mimpi unexplainable yang membuat saya lega bahwa itu bukanlah kenyataan. Selesai nonton film ini saya jadi mengingat ulang beberapa mimpi saya yang aneh banget. Misalnya, mimpi melompat dan terbang. Lalu, mengapa dalam mimpi, tidak pernah ada penjelasan background cerita, tau-tau uda berada di situuu aja. Atau kejadian menangis dalam mimpi, dan kadang air matanya masih tersisa di pipi waktu bangun. Atau mimpi ngobrol dengan seseorang yang saya ingin sekali temui tapi tidak pernah kesampean. Atau bahkan mimpi jatuh yang membuat badan seperti terhempas, dan merasa legaaaaa banget waktu bangun ternyata ada di kasur yang empuk dan aman.

Mungkin memang benar apa kata Cobb (tokoh yang diperankan Leonardo DiCaprio): Dreams feel real while we’re in them. It’s only when we wake up that we realize something was actually strange.

Dan mengutip perkatan Eames (diperankan oleh Tom Hardy): you mustn’t be afraid to dream a little bigger, darling.

Jatinegara, 18 November 2010

3 thoughts on “Inception

  1. Eh, kok sama ya 2 linknya?? Coba liat di kanan ada Inception Ending: Extended. Nah, itu lucuuuu bikin ngakak. Pas nonton di bioskop, orang2 juga geto, pas ending diputus gt, semua pada “Aaaahhhhh….” Hahhahahaha

Leave a Reply

