Ayam Saos Inggris


Description:
Ini resep kedua yang saya coba dari website http://evennachang.com/2007/05/ayam-saos-inggris.html

Wah bu Evenna… resep-resep Ibu yang enak dan mudah membuat saya jadi semangat memasak ^_^ Terima kasih ya!

Ingredients:
1 ekor ayam kampung, potong-potong
1 buah bawang bombay, diiris tipis
2 buah cabe merah, buang biji, iris tipis
3 siung bawang putih, diiris tipis-tipis
6 buah bawang merah, diiris tipis-tipis
2 sdm kecap inggris
1 sdm kecap ikan
1 sdm saos tiram
2 sdm gula
Garam secukupnya
Margarin untuk menumis
Air secukupnya

Bahan untuk marinate ayam:
1 sdm air jeruk nipis (*saya pakai air jeruk lemon sisa kemarin marinate ayam kalasan)
½ sdm garam

Directions:
Marinate ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan + 15 menit. Goreng ayam sampai matang, sisihkan.

Tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay sampai layu, tambahkan kecap ikan, saos tiram dan kecap inggris serta bumbu lainnya. Masukan ayam, aduk-aduk sampai tercampur rata. Tambahkan sedikit air, masak sampai mengental, matikan api. Hidangkan.

*Versi saya: takaran kecap Inggris, kecap ikan dan saos tiram sesuai resep masih terasa kurang “nendang”, kurang medok, jadi saya tambahkan lagi. Silakan dicoba dan ditambahkan sesuai selera ya. Kesalahan saya, air yang dimasukkan sepertinya terlalu sedikit, jadinya ga seperti resep yang airnya agak ‘banjir’. Versi saya lebih kering.

note. Orang rumah ngasi saran, ayamnya kurang empuk. Jadi next time saya mau coba pake cara curang: masukin ke Electric Pressed Cooker aja aaaahh… (*dijamin empuk kayak ayam kalasan kemaren*)

Leave a Reply

