Bubur Daging Plus Plus


Description:
Ada sisa daging babi lembaran dalam kulkas, plus ada Electrical Pressed Cooker yang menggoda. Uda tersedia, sayang kalo dibiarkan nganggur. Jadi sejak semalem saya sudah terpikir untuk membuat bubur sebagai sarapan.

Resepnya saya lihat di buku Resep EPC Mitzui, tapi saya modifikasi seperti yang saya baru buat tadi pagi yaa.

Ingredients:
150 gr beras, cuci bersih dan tiriskan
6-8 lembar daging babi lembaran (bisa dibeli di supermarket), dipotong kecil-kecil (*sebaiknya memanjang tipis-tipis supaya tampilan lebih cantik)
2 sdm minyak wijen (*tidak saya pakai)
1000 cc air (*saya ganti dengan kaldu ayam supaya lebih enak)
minyak goreng untuk menumis

*note: saya tambahkan baso salmon yang kebetulan ada di kulkas. Baso salmon saya potong kecil-kecil.

Bumbu:
7 siung bawang putih, parut kasar (atau dicincang halus)
1 ruas jari jahe, parut kasar
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt kaldu sapi bubuk (tidak saya pakai)

Pelengkap:
1 batang daun bawang, cincang kecil-kecil
2 sdm tongcai, cincang halus (*tidak saya pakai karena tidak suka)

Directions:
Panaskan wajan. Tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga harum. Masukkan potongan daging dan potongan baso salmon, tumis bersama bumbu hingga daging berubah warna. Tambahkan garam dan merica bubuk.

Sementara itu masukkan beras dan air kaldu ke dalam wadah EPC. Lalu masukkan tumisan daging ke dalamnya. Aduk rata.

Proses dalam EPC dan setelah itu siap dihidangkan. Sajikan hangat dengan potongan daun bawang, potongan tongcai, bawang goreng atau kerupuk sesuai selera.

Note.
Ternyata rasanya enak dan gurih (maaappp yaa kalo fotonya tidak mencerminkan demikian hihihi). Tapi beneran looh, enaaaak…. soalnya lahap dimakan mama mertua, suami dll… *gembira* Ditambah kuah babi kecap yang saya masak malam sebelumnya, bubur ini jadi makin sedap.

Saya sebut ini bubur daging plus plus karena ‘topping’ dagingnya bisa dimodifikasi sesuai selera. Misalnya di kulkas adanya daging sapi/babi, ya pakenya itu aja… lalu bisa ditambahkan potongan baso salmon (jika ada). Lain kali saya pengen coba dengan potongan daging ayam atau potongan salmon segar.

Yang pasti, sarapan keluarga jadi lebih seru! ^___^

2 thoughts on “Bubur Daging Plus Plus

  1. bentuknya kayak baso biasa, bulat, tapi warnanya pink. Biasanya dijual di supermarket dalam bentuk frozen. Selain itu juga tersedia di resto celup-celup, di Jakarta misalnya kayak di Singapore Yong Tofu pasti ada. Nanti gw fotoin dan kasi liat ke elo😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s