Minggu ke-37 dan 38: finishing touch

Antara terasa dan engga, kehamilan saya memasuki minggu-minggu akhir menjelang kelahiran.  Terasa maksudnya, karena jelas aja berasa perut yang makin membesar.  Ga terasa karena most of the time, saya berasa hamilnya enak-enak aja.  Badan masih berasa enteng ketika dibawa jalan-jalan, ga eneq, ga mual, selera makan juga baik malah makan apa aja rasanya enak di mulut hehehe…  Tetep aja suka berasa pegel klo abis jalan seharian, apalagi klo abis duduk lama di mobil, pas turun dipake jalan, kaki malah terasa nyut-nyutan… trus kaki juga uda mulai ada bengkaknya, bahkan 3 hari ini frekuensi kram kaki bertambah.  Biar gitu, saya tetep menikmati kehamilan, apalagi kalo baby uda goyang.  Gerakannya makin kenceng dan semangat, bikin saya makin gemeeessss… 

Minggu 37 rasanya cepet banget saking banyaknya kesibukan yang berbeda setiap harinya.  Paket kelas prenatal yoga saya selesaikan di minggu ini, yaay!  *i’m going to miss those classes!* Lalu menengok mantan bos yang sakit.  Hari berikutnya mampir ke Petak Sembilan, beli macem-macem Chinese Herbs untuk persiapan makan post-persalinan.  Hari berikutnya saya bereskan urusan beli kasur baby sekaligus tes darah di lab sesuai permintaan dr.Handaya di minggu sebelumnya.  Dan yang menyenangkan, pesanan baby crib dateng!  Horee!! 
2-3 hari ini saya dan Arief menyibukkan diri dengan beres-beres dan menikmati kamar baby yang wangi abis dipel.  Arief malah kepikiran, apa gw tidurin dulu ya ni crib… 
Seperti biasa, setiap Sabtu saya ketemu dr. Handaya untuk cek kehamilan.  Sampe di minggu-37 ini, posisi kepala baby masih di atas.  Saya sendiri ga abis pikir.  Bumil lainnya, seminggu nungging aja uda balik.  Saya uda nungging sejak lama kok ga ada perubahan ya… ada yang bilang, elo sih ngepelnya cuma sekamar… coba satu rumah…  *eerr…*
Tanggal c-sect ditetapkan… as requested by mother in law, it will be this Friday, April 22.  Saya sempet tanya ke dr. Handaya, kalo sebelum c-sect tau-tau posisi baby muter gmana?  Apakah tetep c-sect?  dr. Handaya pesen, sebelum c-sect akan dilakukan observasi dulu.  Yang penting jangan sampe keburu mules aja.  Tapiii… ternyata tanggal 22 itu dr. Handaya mau cuti.  Ya uda… saya sudah siap-siap alternatif tanggal berikutnya.  Agak lega sih, rasanya kok kalo Jumat ini cepet amat yaaa.
Tau-tau tadi pagi saya ditelpon RS Medistra dan dikasitau kalo dr. Handaya batal cuti dan available untuk c-sect tanggal 22 (jika saya masih berminat c-sect di tanggal tersebut).  Jiaaah, mom’s wish comes true deeey… 
Well, buat saya… yang paling penting baby uda cukup waktu untuk lahir.  Ga ada hal lain yang penting selain kesehatan dan keselamatan baby.  Mao tanggal berapa pun, buat saya sama aja, selama babynya cukup waktu dan siap lahir.  That’s every mom’s wish, I guess 
But my hightlight in the week 38 was… the surprise from my girl-friends!  Jadi ceritanya, mereka tau-tau nongol di RS abis ketemu dr. Handaya dan “menculik” saya untuk lunch bareng!  Haha, that’s very sweet!  Belakangan mereka cerita kalo mereka uda sekongkol sama Arief dan nanyain acara saya sepanjang Sabtu itu bakal ngapain.  Tadinya mereka mo show up aja di rumah dan bikin acara girl-time sebelum saya lahiran.  Ah, apa pun acaranya, it was very nice and sweet…  we had lunch and hang out at Haagen Dazs.    Terima kasih ya teman-teman… mao dong nanti diculik kalo pas exhausted ngurus anak hahaha…
Dan minggu ini, minggu 38…  just a little more time to enjoy myself.  Barusan, saya menikmati ngerendem kedua kaki yang agak bengkak dengan air hangat yang ditabur garam.  Tips sederhana untuk meredakan bengkak di kaki dan menikmati me-time.  Mustinya saya melakukannya sejak lama, ternyata rasanya enak banget di kaki… tinggal lanjut pedikur dan kasi warna cat kuku yang cantik… 
Beberapa hari lagi menjelang kelahiran… and I’ll enjoy myself more :) 
Mohon doanya ya teman-teman… dan monggo di-share tips pasca-melahirkan. SEMANGAATTT!!
Jatinegara, 18 April 2011 – can’t wait to see you, baby! 

16 thoughts on “Minggu ke-37 dan 38: finishing touch

  1. sin, i really, really enjoyed reading your pregnancy entries.
    all the best for the c-section ya!!! i'll pray for you and baby *kisses and hugs*

    trus nti jangan lupa bikin new-mom entries juga😀

Leave a Reply

