Stretchmark: mari dioleess!

Di awal-awal kehamilan, saya mendapat banyak saran berguna mengenai stretchmark: guratan di kulit akibat peregangan ekstrim selama kehamilan.  Saya juga banyak googling mengenai stretchmark ini dan tiba pada kesimpulan: yah emang bakat kulit masing-masing perempuan juga ya.  Ada yang ngga ngoles apa pun, kulit tetep aja mulus sampe lahiran, malah sampe lahir 2 anak kulit tetep halus tak bercacat *cihuuy*  Tapi ada juga temen saya yang uda pake krim Clarins yang katanya ampuh itu, sampe 6 botol malah, dan mendapati adanya guratan di bawah perut *ouch*… 

Dari awal saya pasrah.  Kalo emang ternyata bakat stretchmark, mo diapain?  Daripada saya stres mending saya warning suami, nih yaaa.. jangan kaget kalo kulit saya uda ga semulus dulu… puas-puasin aja liat kondisi yang mulus sebelum nantinya ternodai… *hahahaha apaseeeh*
Yang namanya mencegah tentu lebih baik daripada mengobati *secara beli krim lebih murah daripada udahannya laser, toh?* ~ dan yang judulnya mencoba itu sungguh asik. Kayak rubrik di majalah itu loh, ngasi review untuk suatu produk😀

Jadilah saya iseng cobain beberapa krim stretchmark selama kehamilan ini:

– Jergen Ultra Healing: dipake selama trimester pertama
– Pigeon Body and Stretchmark Cream: dipake selama trimester pertama dan kedua
– Olive Oil yang biasa dipake buat masak (Bertolli dan sejenisnya)
– Palmer’s Cocoa
– Mothercare
– TBS Shea 
– TBS Olive
Dari semua itu, yang terasa nyaman buat kulit saya: Pigeon dan TBS Olive.
Jergen ga usah dikata, emang enak kan di kulit.  Baunya juga tidak menyengat, kulit terasa halus dan harganya ekonomis.  Cari aja di Mangdu, pasti lebih murah daripada beli di mal.  Tapi karena judulnya bukan krim anti-stretchmark, saya ga nyalahin Jergen kalo ga tahan lama di kulit bumil yang cepet kering.  Saya pake ini dalam rangka ngabisin stok lotion di rumah.  Daripada beli yang baru, sementara di awal kehamilan saya pake ini aja.
Lalu saya nemu Pigeon waktu jalan-jalan di Foodhall.  Krim ini sip, teksturnya lembut di kulit dan lumayan awet.  Berhubung selama hamil saya ga cocok sama yang kelewat wangi, Pigeon ini sesuai buat saya.  Abis deh 2 tubes.
Olive oil yang buat masak (Bertolli dan teman-temannya) itu enak juga loh.  Kulit uda bukan lembab lagi tapi sampe lengket hahaha… perlu waktu untuk ngeringinnya dan pasrah aja kalo baju jadi bau minyak.  Badan jadi terasa kayak salad hahaha… Sayangnya saya ga gitu cocok, kadang-kadang kulit terasa gatal setelah dioles minyak ini.  Padahal banyak banget yang merekomendasikan untuk jaminan kulit halus dan bebas stretchmark.
Palmer’s punya teksturnya paling creamy tapi sayang di kulit saya ga cepet menyerap.  Jadi klo pas buru-buru mao pergi, ribet nunggu keringnya.  Trus yang saya rasa juga, Palmer’s ini kurang tahan lama.  Beberapa jam kemudian kulit saya uda terasa gatal.  Banyak perempuan yang cocok, tapi this is not my fave.
Krim Mothercare teksturnya ringan, cepat kering dan baunya juga wangi.  Cuma sama kayak Palmer’s, di kulit saya ga tahan lama.  Beberapa jam kemudian uda terasa kering dan gatal.  Padahal kalo lagi di luar rumah kan ribet ngoles ulangnya.
TBS Shea enak banget, super lembab karena teksturnya yang lumayan kental dan padat.  Tapi yang bertahan dipakai sampe trimester ketiga, bahkan sampe hari ini yang jadi andalan saya untuk terhindar dari gatal-gatal adalah TBS Olive.  Baunya ga kelewat wangi seperti Bodybutter Moringa, teksturnya lembut dan ga sekental Shea, cepet menyerap di kulit saya dan tahan lama, bisa tahan 12 jam.  Jadi kalo ngoles malem hari, awet lembab sampe pagi.  Dioles pagi hari, sampe sore-malam kulit saya tetep terasa nyaman, ga gatel.
Beberapa temen merekomendasikan Mustella, tapi sayang… harganya ga nahan hehehe… satu krim Mustella bisa seharga 2 Olive… apalagi, secara saya klo ngoles banyak banget, mending beli yang lebih murah tapi bisa jor-joran ngolesnya sehingga awet lembabnya.
Sampe hari ini kehamilan saya masuk minggu ke-38, kulit perut masih keliatan ramah.  Tapi tetep aja ada guratan keunguan keliatan di pangkal paha huhuhuhu… pernah ga sengaja ngegaruk waktu tidur… gatal banget huhuhu…
Yah namanya juga usaha ya… Tiap perempuan punya jenis kulit yang berbeda.  Ada yang cocok pake krim A, ada yang cocok pake krim B.  Buat saya yang penting kulit tetep lembab dan terhindar dari kekeringan, jadi tangan ga gatel ngegaruk!
Jatinegara, 18 April 2011 —  demi baby…


4 thoughts on “Stretchmark: mari dioleess!

  1. pakenya tiap hari ga? Kalo tiap hari, cepet loh abisnya :D~ gw iseng suka coba abis penasaran kalo liat krim yang lain El. Lagian harganya masih terjangkau, jadi ga kelewat sakit hati kalo ngolesnya boros😀

  2. Pakai tiap hari Sin, gua sebenernya bingung kenapa bisa abis berbotol2, temen gua yang pakai Clarins jg cuman abis 1 tube, dan dia gak keluar stretchmark, ha5 … krn kalau menurut etiket pemakaiannya, cuman perlu bbrp cm, dan ada cara massage nya. Btw, tapi gua cuman oles bagian perut depan, pantat dan kaki tidak. Malah bagian2 yg gua gak oles malah mulus, wkk😀

Leave a Reply

