10 Ide Hadiah Bayi

Dulu sebelum punya anak, saya ngga ngerti bagusnya ngasi kado apa ke teman yang baru melahirkan.  Waktu itu kado favorit yang sering saya kasiin adalah se-set peralatan mandi, mulai dari sabun, sampo, bedak, lotion dan se-gengnya.  Saya pikir, itu adalah kado yang paling kepake, karena bayi pasti mandi kan.  Kalo sampe ga abis, geng mandi itu bisa dipake juga sama emaknya.

Sekarang, setelah ngerasain punya bayi, saya baru sadar, toiletries mandi itu bukan kado yang oke.  Apalagi ngasi bedak.  Hari gini, makin jarang bayi yang berbedak, ga kayak dulu ngeliat muka bayi pada putih-putih muka dan badannya dibedakin.  Sebelum keluar RS, saya uda diwanti-wanti sama suster RS, jangan kasi bedak dan minyak telon (atau minyak kayu putih) ya bu.  Serbuk bedak yang halus berbahaya bagi pernapasan bayi.  Minyak telon bikin kulit bayi sensitif.  Saya baru tau loh.  Secara selama ini minyak telon kan identik sama bayi toh? Buat saya yang ga punya ponakan dan jarang main sama bayi, terus terang bener-bener ga kepikir mo kasi apaan ke temen yang baru lahiran.  Dengan ini saya juga minta maap ke temen-temen yang pernah dikasi kado ga mutu dari saya. It will not happen anymore! Karena sejak punya bayi, sekarang saya tau apa yang bakal kepake, barang apa yang urgent dan yang bisa ditunda.  Saya yakin pasti semua ibu ngalamin hal yang sama waktu terima kado abis lahiran: ada yang langsung kepake, ada yang beberapa bulan setelahnya baru kepake, dan ada yang dobel-dobel alias sama.  Sayang sebenernya, karena jadinya nganggur di pojokan.  Yah paling dikadoin lagi ke orang lain, secara masih baru kan.  Semoga suatu hari di negara kita mulai terbiasa dengan gift registry (kayak wedding registry gitu) supaya yang terima ga punya barang dobel hihihi *maunya*

Supaya ga mengalami kesalahan kayak saya, ngasi kado ga mutu hehehe… di bawah ini saya bikin beberapa ide kado bayi dengan range harga sesuai bujet.  Silakan disesuaikan dengan kebutuhan penerima.  

Note: sama sekali ga bermaksud promosi ketika ada merek-merek tertentu yang disebut.  Semuanya berdasarkan pengalaman pribadi aja. 

Untuk kado dengan bujet kurleb IDR 100-an:
1. Wadah kecil berbagai ukuran untuk persiapan solid food >> bisa Tupperware, Lock and Lock, EzLock dsb.

2. Ice gel >> misalnya merek Igloo, Rubbermaid, dll, ini berguna banget untuk ibu yang perlu menyimpan ASIP dalam cooler box.  Selain dijual di online shop, di Ace juga ada.
3. Cloth diaper ato disposable diaper >> kado yang sederhana tapi pasti terpakai.  Apalagi klo bisa di supply per bulan, hihihihi… lumayan emaknya ngirit uang diaper bulanan ^_^
4. Diaper rash cream >> 2 merek yang pernah saya coba adalah Sebamed dan Mothercare.  Saya pribadi pilih Mothercare, hanya 79k saja dan pakenya aweeeeettt banget, sejak usia 2 bulan sampe sekarang 7.5 bulan pake krim itu ga abis-abis, padahal dioles setiap hari (dan sehari beberapa kali).  Hasilnya, kulit bayi aman.
5. Peralatan makan: gelas, piring, sendok (misalnya Pigeon, Tommy Tippee, dll)
6. Buku cerita bayi: softbook, board book, dll
7. Botol kaca untuk asip (mulai dari yang botol murah beli di Pasar Pramuka sampe di online shop dengan merek Medela, BabyPax, dll).
8. Ice cube tray >> merek Baby Cubes, GreenLeaf, dll
9. Mainan, teether, dsb >> untuk mainan lebih variasi, tersedia dari range harga di bawah 100rb sampe ratusan ribu.
10. Nursing apron dan breastpad >> buat ibu yang menyusui, breastpad itu pentiiiiinnngg banget, can’t leave home without it (Personally saya rekomen Pigeon).

Untuk kado dengan bujet kurang dari 500rb:
1. Steam sterilizer >> Pigeon, Giant, dll.
2. Keep warm container atau termos >> Zojirushi, Tiger, dll.
3. Baby home food maker >> Pigeon
4. Bottle warmer >> Crown, Pigeon (note. buat saya ini salah satu kado yang langsung terpakai)

5. Feeding set kumplit >> Pigeon, PiyoPiyo, Puku, dll.
6. Jumper/setelan baju ukuran S sampe L (dibuat dalam 1 set)
7. Bantal menyusui (nursing pillow) >> ga perlu bermerek, yang biasa aja tetap terasa nyaman loh… (note. Ini barang yang menolong banget ketika saya menyusui Nathan).
8. Daster keren kancing depan (note.  saya pernah liat, Mothercare punya cantik banget deh!)
9. Cooler bag/box >> Rubbermaid, Igloo, Medela, Skiphop. dll
10.  Buku-buku baby dan parenting, misalnya The Secret of Baby Whisperer, buku-bukunya Gina Ford, What to Expect, dll.

Untuk kado bujet 500rb – 1jt:
1. Baby bag >> banyak banget nih, ada Okie Dog, Allerhand, Mothercare…. dari beberapa tas bayi yang saya liat, saya sukaaaa banget sama baby bag Mothercare, dan model serupa pernah saya liat di sini.  Menurut saya, baby bag ga cuma fungsional tapi juga personal.  Daripada sembarangan kasi baby bag, trus ga kepake rasanya sayang banget.  Memang, harga baby bag Mothercare agak mahal tapi sangat berguna.  Modelnya simple dan tetep keren, gayanya ga ‘baby’ banget kayak baby bag lain yang bulky, ukurannya cukup besar sehingga muat banyak, plus di dalamnya banyak compartment untuk naro berbagai macam barang dengan rapi. Dari pengalaman banyak orang yang menerima kado, baby bag adalah salah satu kado favorit yang sering diterima.  Saking favoritnya, saya punya 4 baby bag dengan model sama!

2. Breast pump >> pilihan favoritnya ada Medela Mini Electric, Medela Harmony dan Medela Swing (klo Swing harganya di atas 1 jt).  Selain Medela, saya pribadi merekomendasikan Avent Manual.  (ssst… breast pump adalah ‘peralatan perang’ penting saya sejak melahiran sampe hari ini hahaha… can’t leave home without it)
3. Food processor atau blender atau chopper >> bisa Philips, Kenwood, Braun ato apa aja.  Berguna ketika nanti bayi mulai makan solid.  Saya sendiri akhirnya memutuskan membeli chopper Kenwood (dapet di Mangdu seharga 500rb) dan sangat puas dengan hasilnya.  2 mata pisaunya yang tajam membuat bahan makanan jadi halus.  Btw… Belakangan ini Philips Avent merilis Philips Avent Wasabi SCF 870 (2 in 1) yang fungsinya bisa steamer dan blender, sangat praktis dan sangat memudahkan para ibu menyiapkan makanan bayi di rumah.  Less stuff to wash, too.  Sayang harganya di atas 1 jt, kalo engga mikirin harga saya uda mo embat deh hehehe…
4. Dish-dryer Panasonic >> wah, terus terang, ini salah satu peralatan yang saya berasa bersyukur memilikinya.  Harganya tidak terlalu mahal, tapi sangat fungsional, praktis dan menghemat waktu.  Ga repot-repot ngerebus air untuk steril botol dan peralatan makan lainnya.  Tinggal dicuci biasa, lalu masukkan ke dryer.  Langsung kering dan bisa digunakan dalam hitungan menit.
5. High-cair atau booster seat >> berguna ketika bayi mulai makan.
6. Ear thermometer >> Braun
7. Baby monitor >> yang canggih kelasnya Philips Avent 2 arah sampe yang biasa aja, semua bisa dipilih.
Bujet > 1 juta:
1. Stroller >> ortu mana yang ga pengen stroller?  Hehehe… Harganya bervariasi, yang murah dari 300-400rb sampe 10 jt juga ada…
2. Carseat >> ini juga bervariasi, mulai dari Pliko, Maxi Cosi, Britax, dll
3. Baby carrier >> merek premium ada Bjorn, Boba, Ergo, dll. 4. Baby crib >> yang sudah jadi ada Graco dan Le Belle
5. Korset >> yang ini buat mama, mulai dari Amylinear, Spanx, atau yang lebih ekonomis seperti Wacoal, dll.

Selain semua barang yang disebut, mainan bisa masuk ke semua kategori (bujet), tergantung mainannya seperti apa.  Mainan yang sifatnya edukatif banyak tersedia di ELC dengan berbagai variasi harga, tapi sedikit yang harganya 100rb-an.

Semoga ide-ide di atas membantu ketika bingung mencari kado.  Saran saya, patungan adalah cara yang smart ^__^ uang yang kekumpul lebih banyak dan kado yang diberikan bisa lebih variatif dan terjangkau. Kalo masih bingung juga mau kasi kado apa, kasi voucher MAP atau voucher Mothercare aja🙂

Omong-omong, apa kado yang paling berguna yang pernah didapet selama ini? 

Jatinegara, 6 Desember 2011 – pas banget Desember ya, tapi ga ada hubungannya sama Christmas gift kok hehehe *sambil dengerin lagu Natal*

9 thoughts on “10 Ide Hadiah Bayi

  1. siaappp! kalo nanti uda mengalami, bisa kebayang siy… ya kurleb sama, paling mainan, buku, baju dan peralatan sekolah?

    Gw pernah patungan sama temen-temen ngasi sepeda ke anaknya sahabat yang ultah. Dia pengen sepeda soalnya🙂

  2. Thanks Sintul. Problem dari list elo esp barang2 yg rada mahal, banyak barang yg cuma perlu satu ( eg stroller, baby monitor, etc). Kecuali lo bikin registry susah buat kita2 yg bingung mo ngasih apa.

    Kalo gue sih biasa ngadoin nyokapnya. Something pretty and lucious. Ato makanan sehingga nyokap baru gak perlu masak untuk bbrp hari ( berlaku di sini aja kali ya? )

  3. Iya bener, kayak gitu perlu satu aja yah. Gw biasanya suka nanya dulu Ven, uda punya ini/itu belum, jadi gw sebisa mungkin ngadoin sesuatu yang belum dimiliki. Kalo barangnya agak mahal, biasanya dateng dari keluarga atau patungan rame-rame (biasanya orang kantoran suka urunan).

    Gw juga pernah ngadoin nyokapnya, paket spa dan pijet hihihi, karena waktu itu temen gw pernah bilang dia cape dan pengen pamper herself, jadi gw dan temen-temen patungan kasi voucher paket spa yang oke. Atau gw prefer kasi body lotion yang wangi, atau sesuatu yang biasanya males dibeli pake duit sendiri.

    Ngasi makanan juga enak Ven, apalagi masakan elo, gw si ga nolaaak :)) (kok gw ge-er sih hahaha)

  4. Baby registry di Jakarta mulai populer Ven. Tapi sepertinya masih ada 'kesungkanan' untuk buat dan kebingunan bagi yang dikasih baby registry. Gua sebelum melahirkan buat, dan lumayan, dari daftar 20 barang, ada 6 orang yang nebus, hahaha😀.

  5. baby walker… jadi maminya kalo lagi sibuk di dapur bisa agak2 ada waktu ninggalin babynya jalan2 sendiri… safe gak bisa ngeraih taplak meja etc… hehehe… ato gak Jolly Jumper… buat gantung anak… huehuehue… biar kakinya kuat dan happy banget anak2 gue kalo digantung tuh… kaki masi sampe ke lantai, jadi dia tinggal dorong2 alias jumping2… dari umur 5-6 bulan dah start gue gantung mereka😀

  6. hihihi jadi inget pesen mertua gw, suruh pake baby walker. Tapi yang gw baca, pake baby walker ini pro-con juga. Kebanyakan yang pake adalah orang Asia, orang West jarang pake. Menurut dokter anak, jika memungkinkan, lebih baik ga pake karena stimulasi saat merangkak lebih bagus. Anyway, kembali ke sikon masing-masing keluarga ya, klo enaknya pake baby walker, kenapa engga?🙂

Leave a Reply

