Baju Imlek

Menjelang Imlek, saya kalang kabut.  
Untuk Imlek ini, saya pengen punya sepotong baju baru *kayak anak kecil critanya*.  Baju-baju di lemari bukannya kurang, hanya badan saya belum sepenuhnya kembali ke ukuran “di saat jaya”.  Walhasil, kumpulan baju di lemari itu ga kompak ukurannya sama badan yang sekarang.  Mau dihibahkan rasanya belum rela, kali-kali aja nanti bisa dipake lagi. Bukannya ekstrim ga ada yang bisa dipake sama sekali, ada sih tshirt oblong yang sehari-hari dipake di rumah.  Tapi sense of fashion saya ngasi alarm, sebaiknya ga pake itu, otherwise ga pede sendiri jadinya.  
Ditambah sejak saya hidup ‘menepi’ (baca: keenakan ngetem di rumah maen sama Nathan), terus terang saya sulit dapetin waktu yang cukup untuk sekedar nyoping nyetok sepotong-dua potong atasan untuk event-event khusus seperti Imlek.  Biar kata Kkeluar rumah rutin minimal seminggu sekali ke Gereja dan beli sayuran/buah, tapi untuk bisa kayak dulu, sekedar window-shopping sih uda jarang banget.  

Moral of the story: jangan meremekan the power of window-shopping hehehe… biasanya, di saat butuh malah susah ketemunya.  Di saat cuma liat-liat, justru suka nemu yang lucu.
Jadilah beberapa hari sebelum Imlek, saya ‘dilepas’ (*macaaan kaleee*) di mal, spesial nyoping baju buat Imlek.  Keluar masuk toko, bukannya efek gembira yang saya dapat.  Yang ada kok stress.  Beneran!  Kaki pegel keliling sana sini, mata pedes karena sibuk jelalatan cari yang disuka.  Nyoping sepotong-dua potong baju aja kok rasanya cape, plus bonus frustrasi saking ga nemu yang pas.  Pas di badan dan pas di bujet, maksudnya.  Nemu yang pas badan, harganya ga pas sama bujet.  Baju yang harganya menyenangkan, potongannya di badan kok kurang bener gitu yah.
Memang, bukan salah bajunya tapi badan saya sekarang ini ukurannya agak ajaib.  Diliat dari bahu sih tergolong ukuran Medium. Tapi lingkar dada masuk ukuran L (pembelaan diri: secara masih menyusui).  Lalu ukuran pinggang: antara S dan M.  Gmana coba, 3 ukuran berbeda dalam sebidang kulit yang ukurannya ga lebih dari semeter kali semeter?  Ini yang bikin saya letih bolak balik masuk toko.  Cobain baju ini itu tapi ga nemu yang oke. 
Akhirnya, at the very last minute, saya nemu sepotong gaun fuschia.  Pas di badan dan ekonomis, horeeee…  Setitik keceriaan muncul di hati.  Kelar bayar, kepala rasanya jauh lebih enteng.  Waktu curhat susahnya cari baju yang cocok sama temen saya sambil makan malem di mal, temen saya bilang, itu karena ukuran badan elo aja yang belum balik… tunggu aja waktunya, nanti elo juga enjoy nyoping lagi.  Saya waktu itu cuma iya-iya aja.  
Di taksi waktu jalan pulang, saya terdiam.  Kegiatan nyoping yang buat banyak orang adalah aktivitas menyegarkan, kok kali ini malah buat saya jadi beban.  Di tengah frustasi, saya sempet ngetwit: never been this difficult finding clothes… Ga pernah sesulit ini rasanya cari baju.  Dulu rasanya enak banget loh acara jalan-jalan nyoping itu. Dan saya bertanya-tanya, ke mana rasa senang itu?

Daripada mikir yang engga-engga, saya membuka folder foto di Blackberry dan spontan senyum-senyum sendiri ngeliat foto Nathan dalam berbagai pose.  Bukannya sok fotogenik, tapi emang emaknya yang sedang kena euforia “anak pertama punya foto terbanyak”.  Biar kata orang lain ga ada yang setuju, tapi di mata orang tua, anaknya sendiri mah lucu-lucu ajah, ya gak ya gak… hehehe… 

Dan sepertinya…  kenikmatan nyoping saya lagi terkubur (sementara), ketutup sama suka cita dan excitement saya spending time sama Nathan.
Please don’t get me wrong.  Ga ada yang salah dengan nyoping.  Rasanya ga bener juga kalo terus-terusan pake baju longgar ala bumil atau tenggelam dalam tshirt lusuh.  Punya anak ga berarti melupakan kegiatan yang dulu disuka.  Sah-sah aja nyoping, tampil cakep dan rapi (dianjurkan malah!), jalan-jalan, makan bersama sahabat, ngupi, nyalon, meni-pedi, apa pun itu.  Be yourself and stay sane 
Lupa baca dmana, tapi saya inget >> punya anak ga berarti “hilang jati diri”.  
Saya setuju.  Saya masih suka warna-warni fashion, saya masih doyan makan, saya masih (usaha) nulis.  Tapi untuk kali ini, nyoping ternyata jauh kalah nikmat sama maen sama Nathan!
Jatinegara, 6 Februari 2012 – oiya… Happy Chinese New  Year! *gong xi gong xi*

Leave a Reply

