Online-shop Attack

Online-shop.  Istilah yang dulu saya cuekin.  Ih, mana enak belanja ga ngeliat langsung? Justru enaknya nyoping kan bisa sekalian cuci mata, ngeliat barang yang mau dibeli.  Apalagi kalau barangnya baju atau sepatu, mana enak ga dicoba?

Tapi yang namanya hidup *tsaah* ~ Yang dulu cinta sekarang bisa ditinggalin.  Yang dulu sebel sekarang bisa suka.  Itu berlaku untuk urusan online-shop sama hidup saya.  Dulu dicuekin, males aja rasanya mampir ke toko-toko di Fb dan sejenisnya.  Sekarang???  Eng ing eng… aktif dong ngecengin barang-barang jualan! huahuahauhahaaa…  
Secara belakangan saya betah banget jadi anak rumahan, belanja online jadi salah satu cara efektif cuci mata.  Tetep diem di rumah, ga perlu make-up, irit bensin dan tenaga.  Sedap kedengerannya kan.  Trus bisa disambi ngerjain yang lain *ih mana mungkin ya?*   Dan tau sendiri, haregenee… online shop dmana-manaaa…. Huwaaaaaa…. *panik dotcom*   dulu tuh yaah, paling adanya cuma di website dan fb, itu juga di fb masih bisa diitung jari, SEKARANG??  Olshop banyak banget kayak jamur di musim hujan, cepet banget nongol yang baru.  Trus skarang di mp ini juga aktif banget pasarnya.  Dan yang paling deket sama jari tangan: di bb groups! Haiyaaaahh… ini dia godaan yang paling sulit.  Ngecenginnya bisa siang-malem, pake kebawa mimpi pulaaakk… *curcol deh*

Saya pernah baca survey bahwa alat komunikasi elektronik (tepatnya: iPad) sekarang ini lebih banyak digunakan untuk belanja online daripada fungsi utamanya.  Ga heran, soalnya praktis banget kan.  Tinggal geserin jari, uda terlihat semuanya.  Yang dikecengin dan yang mau dibeli.  Tapi, ada seneng engganya juga loh belanja online.  Senengnya ya itu, tetep diem di rumah, ga ribet dandan, hemat biaya transport, tinggal pilih-pilih, bayar lewat transfer bank, tungguin aja 2-3 hari, trus sampe dee barangnya.  
Ga enaknya, ga semua barang diliat sama seperti aslinya.  Kudu pinter-pinter ngecek dan nanya penjualnya mengenai detail barang yang dibeli.  Terutama baju.  Dari beberapa kali saya beli baju di olshop, minimal uda 3x barang pilihan saya ga seperti  yang saya harapkan.  Waktu deal beli, menurut saya sih oke, tapi pas uda sampe, lalu saya coba, ternyata penampakannya ga sesuai.  Ada yang potongannya ga pas.  Ada yang pas dicoba ternyata sempit (padahal sebelum beli uda nanya loh ukurannya).  Ada yang ngakunya katun, tapi pas diterima, bahannya bukan katun beneran, jadinya jelek banget.  Kecewa?  Iya dong.  Apalagi kalo bayar belanjaannya ga murah.  Sayang kan jadinya.  Dipake juga males, tapi uda keburu dibeli.  Sukur-sukur bisa dijual lagi, walopun harus didiskon.  Yah daripada nganggur di lemari, saya relain aja dijual lebih murah dari harga beli.
Biar gitu, saya ga kapok. Dengan kondisi saya sekarang, belanja baju online sangat membantu saya ‘meng-upgrade’ isi lemari dengan bujet terjangkau.  Cocok deh sama motto fashion saya: gaya ga musti boros  (tapi klo uda boros tetep ga gaya, itu sih kelewatan ya hihihihi).  Apalagi kalau kenal sama penjualnya dan dapet tambahan diskon, makin sulit deh berpisah sama olshop huahuaha…  Bayangin aja, dikit-dikit ditawarin, “terus-terusan” dibombardir dengan foto barang baru yang cakep-cakep plus komen “ini bahannya bagus, gw uda liat sendiri, gw aja ambil”, gmana hati ini tahaaan?? *jeritan hati pelanggan yang tak kuasa menolak*
Yang pasti, keberadaan olshop yang didukung oleh penjual yang baik sangat membantu saya dapetin barang yang pas.  Saya sendiri juga ga sungkan nanya sama temen-temen olshop mana yang oke.  Kalau rekomendasinya bagus, saya rasanya lebih tenang membeli.  
Jika di postingan sebelumnya saya stres cari baju, di olshop saya musti tahan napsu untuk ga asal beli baju.  Ga bo’ong, susah banget nahan diri untuk ga beli!  Jalan satu-satunya, begitu buka, liat gambarnya, langsung buru-buru tutup lagi dan sibukkan diri ngerjain yang lain.  Dengan cara itu, baru bisa selamet hihihi…
Ini beberapa olshop yang pernah saya beli barangnya:
1. Cotton-Ink.  Rajin mampir sejak merek ini belum setenar sekarang.  Modelnya lucu-lucu, casual tapi tetep chic.  Saya seneng banget sekarang merek ini makin top dan merambah ke Goods Dept, trus jadi member tetap Brightspot Market. Rajin-rajin aja cek twitter @cottonink untuk tau informasi produk baru.
2. iwearUP.  Gara-gara saya penasaran sama koleksi sepatu wegdes ini plus terinspirasi banget sama blog si pemilik, Diana Rikasari, jadilah saya beli sepasang sepatunya.  I have never met this smart lady in person, but her writing really shows how cute and smart she is.  A unique combination in a package: that’s how she creates iwearUP ~ @iwearUP  Serius, dia jauh dari kata membosankan! 
3. House of Eleanor.  Tau olshop ini dari Fb lalu bergabung di bbgroup nya.  Pemiliknya bernama Sagita dan walaupun belum pernah ngobrol langsung via telpon, berasa banget keramahannya.
4. Dress to Kill.  Ini bbgroup sahabat saya, Sharly, sampe hari ini belum ada websitenya, masih seneng-seneng aja jualan low-profile di bb.  A bag-lover, stylish kind of girl since the first time I met her back in the high school years.  Drop her a message at @sharleeey if you are interested to see her collection.

5. Toko Kecil Aja.  Bulan-bulan pertama ngurus Nathan, olshop ini jadi salah satu tempat saya dapetin barang-barang bayi yang bagus dan harganya cocok.  Pelayanannya cepat dan komunikasi dengan pemiliknya, Lucy, lancar.
6. PopCorn.  Dedek dan Nia adalah 2 orang teman yang saya kenal di bangku SMA, mereka bersahabat sampe sekarang dan mendirikan Pop Corn, olshop yang menjual keperluan bedding untuk anak (baby bumper, sprei, diaper-stack, dll).  Lucu-lucu kreasinya.  Baby-bumper Nathan dan 2 set sprei saya pesan di situ.  Cek fb mereka untuk informasi produk >> https://www.facebook.com/ourpopcorn?sk=info 
Ada beberapa olshop lain yang suka saya liat-liat tapi sampe sekarang masih jadi tempat window-shopping aja.  Will update the list if I purchase something from them.  

Have fun!
… mareeee, dipelee dipeleee….
gambar diambil dari sini
Jatinegara, 6 Februari 2012 – omong-omong, apa olshop langganan kalian?


Leave a Reply

