Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar


Rating: ★★★★★
Category: Books
Genre: Biographies & Memoirs
Author: Alberthiene Endah

Saya pertama kali tau nama Merry Riana dari akun twitter-nya @AlberthieneE. Dari dulu saya uda suka banget sama buku-buku tulisan AE. Ga cuma ceritanya menarik, tapi gaya bahasanya juga enak dibaca dan selalu ditulis dengan bahasa Indonesia yang rapi *dari dulu saya ngefans dengan bahasa Indonesia baku, cieee*

Tumben banget AE nulis mengenai seseorang yang sebelumnya “ga terdengar”. Liat dari daftar orang-orang yang pernah jadi bahan tulisannya AE, mulai dari diva Krisdayanti, jagoan batik Anne Avantie, Chrisye, Probosutedjo, Ani SBY, semuanya adalah public figure yang pernah saya dengar. Lalu, siapa Merry Riana ini?

Awalnya saya pikir, ini paling buku motivasi biasa. Apalagi sekilas sempet baca sekilas, jadi tau klo Merry Riana ini awal “sukses”nya adalah hasil jualan asuransi. Oh, asuransi? Pikiran saya melayang kepada tawaran-tawaran dari para agen asuransi gigih yang pernah saya temui. Rasa ingin tahu saya sama buku ini jadinya merosot. Ah, paling kayak buku self-motivation biasa, gitu pikir saya.

Lama-lama saya makin penasaran sama buku ini. Mbak AE sendiri kagum sama cerita hidup Merry Riana. Saya iseng jadi follow Merry Riana di Twitter dan buka blognya. Sama kayak blog motivasi lainnya, banyak kata mutiara dan postingan-postingan yang sifatnya menguatkan. Makin dibaca, terus terang bukannya saya eneq, saya malah makin penasaran, ada yang beda sama diri orang ini.

Akhirnya, minggu lalu akhirnya sempet juga mampir ke toko buku untuk membelinya. Ga sabar untuk segera membacanya. Dan saya akui, saya suka banget sama buku ini. Suka sama gaya penulisan mbak AE, dan suka banget sama isi buku ini, dari awal sampe akhir. Dibaca dua kali juga ga bosen…

Buku Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar bercerita mengenai perjuangan Merry Riana, seorang perempuan muda yang dikirim kuliah di NTU, Singapore lantaran kerusuhan Mei 98. MR mengalami hidup super sulit di tahun pertama kuliah, dan kesulitan finansial ini menjadi dorongan kuat baginya untuk berjuang mencari uang dan melunasi “hutang” pendidikannya pada Pemerintah Singapore. Sederhana banget kan ceritanya. Lalu, apa yang spesial?

In my personal and humble opinion, Merry Riana is very honest. Saya bisa merasakan kejujuran yang sangat dalam dari cerita perjuangannya. MR cerita apa adanya dan saya ngerasain kejujuran dari setiap tindakannya. Sebenernya itu adalah perjuangan yang mungkin dialami semua pelajar (pas-pasan) di luar negeri, tapi di tangan Merrry Riana, perjuangan ini jadi beda ceritanya. Lewat cerita perjuangannya waktu jadi sales produk keuangan, mindset saya terhadap sales asuransi pun jadi berubah. Bukannya saya ga suka asuransi (ato produk keuangan lainnya), hanya suka sebel sama cara orang nawarinnya (dulu saya pernah posting di blog). Tapi lewat cerita Merry Riana, saya ga cuma jadi belajar banyak lewat susah payahnya berjualan produk keuangan, tapi jadi mengerti apa yang harus dikerjakan supaya dapet best-result.

Saya bener-bener terkesan sama kerja keras Merry Riana, sama semangat dan pemikirannya yang positif. Dia memang pintar, tapi ketekunan dan strateginya (bersama Alva suaminya) sungguh sukses membawanya sampe ke titik ini, di mana dia ga cuma terkenal, tapi bisa menjadi inspirasi untuk banyak orang. Resep suksesnya pun ga muluk-muluk, MR dengan sangat murah hati berbagi banyak hal di buku itu, sampe harga tiket seminar Anthony Robinson pun dia ceritain. Ga cuma cerita suksesnya, tapi MR juga cerita banyak soal kegagalannya dan cara melewati kegagalan itu.

Inti ceritanya sederhana, kerja keras dan never give up. 2 hal yang sering jadi masalah karena terus-terusan ditunda. Lewat buku ini, hati saya dikuatkan. Passion kembali saya cari dan kejar.

Terima kasih ya Merry Riana, Tuhan sungguh memberkatimu.

Jatinegara, 29 Februari 2012

Leave a Reply

