Untuk Indonesia yang Kuat: 100 Langkah untuk Tidak Miskin


Rating: ★★★★
Category: Books
Genre: Nonfiction
Author: Ligwina Hananto

Setelah buku Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar, ini buku seru kedua yang saya habiskan dalam minggu ini. Kesannya saya lagi demen baca yang berhubungan dengan finansial? Kebetulan aja itu mah, soalnya buku Ligwina ini uda lamaaa banget ada di list belanja buku saya tapi ya itu, kegusur sama baby dan parenting book hehehe…

Saya ngga ngerti soal keuangan, taunya cuma perlu nabung. Buat jalan-jalan dong hehehe. Selama ini sih belum ngebela-belain nabung buat barang bermerek, tapi kalo buat traveling, saya jabanin deh. Tapi sejak punya anak, urgensi menabung dan investasi rasanya makin kenceng. Untung mbak Ligwina ini rajin berbagi tips dan ilmu. Saya ga cuma nongkrongin website http://www.qmfinancial.com dan http://www.tujuanloapa.com tapi juga rajin-rajin baca kultwitnya si mbak soal keuangan. Lumayanlah, mata yang rabun ini pelan-pelan terbuka.

Begitu si mbak cerita di Twitter soal nulis buku, saya uda netepin dalam hati, pengen beli bukunya. Pengen tau, apa sih yang ditulisnya. Siapa tau ada rahasia menjadi orang kaya. Atau investasi apa yang bikin saya ga puyeng mikirin bujet untuk beli produk skin care *halah buat skin care aja bergumul, gmana nanti nyekolahin Nathan!*

Membaca buku ini membuat saya salut sama si mbak.Ligwina. Salut sama visinya itu loh. Wah, keren banget, stronger middle-class! Bener banget istilah itu, cocok sama pergumulan saya. Selama ini untuk urusan makan dan belanja sehari-hari sih oke, masih bisa belanja baju, sepatu dan nonton, sesekali traveling, tapi klo ditanya soal Dana Darurat dan Dana Pensiun, terus terang saya melompong. Yah ga heran yah klo banyak orang yang kayak saya, muda bersenang-senang trus nantinya kebingungan dan tau-tau bisa terjerat hutang (kartu kredit yang biasanya paling sering kasusnya). Nah yang kayak gini yang jadi “sasaran” Ligwina, mo sampe kapan hidup tanpa rencana keuangan?

Ga cuma tersentak dengan berbagai kebutuhan yang jelas perlu perencanaan, saya pun tergerak untuk mulai beraksi: mulai mikirin mao investasi dalam bentuk apa. Reksa dana kah, LM kah, lalu gmana ngatur “belanja besar” model nyekolahin anak. Ini hasil baca bukunya Ligwina. Ga cuma jadi ngeh sama antisipasi kebutuhan dana di masa depan, tapi kira-kira gmana cara “ke-sananya”. Yang seru Ligwina juga kasi tips: 100 langkah rencana aksi keuangan (demi tidak miskin). Sangat detail, masuk akal, terstruktur dan bisa diaplikasikan.

Yuk, kita sama-sama kuat dalam urusan duit! *siapa juga yang nolak kan*

Jatinegara, 1 Maret 2012

6 thoughts on “Untuk Indonesia yang Kuat: 100 Langkah untuk Tidak Miskin

Leave a Reply

