2014

Wah, sudah 2014!

Selamat tahun baru, walaupun hari ini sudah tanggal 11 saja, tetapi suasana tahun baru masih terasa (buat saya).  Sejak punya anak, waktu semakin cepat berlalu.  Banyak hal yang tidak tertulis, banyak hal yang saya alami, dan…. Jenna uda 9 bulan aja nih!

Update dulu soal anak-anak ya.  Jenna 9 bulan loh tanggal 9 Januari lalu.  Isshhh anak itu lucu banget, gemes deh.  Saya sering banget bilang sama dia, jangan cepet-cepet gede deh, soalnya dia lagi lucu-lucunya.  Di usia 9 bulan sudah berdiri dengan mantap sambil pegangan, uda tepuk tangan dengan lucu, dan skarang lagi belajar “dadaaah…” — aslik, lucu banget deh tu anak.  Kalo ga inget capenya dan mikir lain-lain, saya tergoda juga untuk punya 1 bayi perempuan lagi hahahaha…

Akal sehat masih bekerja.  Ngurus 2 anak sungguh menyita waktu, pagi-siang-malem waktu berjalan kayak air yang menguap, tau-tau ilang entah ke mana.  Apalagi sekarang dengan kondisi e-ping, waktu makin tersita. Lupa persisnya kapan, per Jenna usia 5 bulanan, Jenna ga lagi netek langsung.  Jadi sekarang Jenna e-ping alias exclusive pumping.  Saya sempet kena DB dan dirawat di RS selama beberapa hari saat libur Lebaran, sepulangnya dari RS masih netekin Jenna.  Tapi begitu Nathan resmi terdaftar di Rockstar Gym, saya kesulitan mengatur dan menyesuaikan jadwal menyusui Jenna.  Pagi hari ketika saya bangun, Jenna belum mau menyusu sedangkan saya sudah harus bersiap-siap untuk mengantar Nathan gymnastik.  Begitu pulang kelas, sampai di rumah, Jenna sudah tidur siang.  Akhirnya saya pompa saja dan lama-lama Jenna seperti lupa caranya menyusu.  Ketika saya berusaha menyusui, Jenna terlihat  bingung dan malah menggigit.  Haisshh, jangan tanya sakitnya.  Demi ASI, saya jabanin eping.  Kerepotan dan keletihan saya terbayar melihat Jenna tumbuh sehat dan jarang sekali sakit.

Per 9 bulan ini, berat badan Jenna ada di posisi 9.5 kg dan panjang 71 cm.  Waktu saya ngecek buku Nathan, dengan posisi usia yang sama, Nathan lebih berat 1 kg, jadi waktu itu Nathan 10.5 kg.  Di fotonya sih keliatan banget Nathan lebih besar dan chubby hehehe… Lucu banget deh 2 anak ini *makmak yg lagi narsis sama anak sendiri*

Nathan will be 3 next April.  Per semester lalu, setelah mikir ini itu, saya dan Arip sepakat untuk mendaftarkan Nathan ke kelas Kindermusik di Menteng dan Rockstar Gym di Mal Kokas.  Kelas Kindermusik cuma seminggu sekali dan di Rockstar seminggu 3-4 kali. Per sesi nya juga tidak lama, maksimal 50 menit.  Cocok deh dengan kebutuhan Nathan saat ini: aktivitas fisik dan nyanyi-nyanyi.  Energinya tersalurkan dan kegiatannya menyenangkan, apalagi kelas gymnastik, Nathan terlihat gembira menjalani kelas-kelas tersebut.

Semingguan ini ada 2 hal berkesan yang ingin saya catat di sini.  Senin lalu saya mengajak Nathan ketemuan sama Ayke, teman SMA yang sedang mudik ke Jakarta, dinner di Jun Njan GI.  Saat menuju Jun Njan, kami melewati ELC, toko mainan terkenal itu.  Nathan langsung bersorak gembira dan masuk, saya langsung panggil dan mengajak naik eskalator.  Kayaknya Nathan masih penasaran gitu, jadi dia senyum-senyum aja.  Saya “bye-bye”, biasanya kalo digituin dia akan langsung nyamperin saya karena takut ditinggal.  Eeeeh, masa kali ini, dia “bye-bye” balik ke saya sambil senyum ceria??!! — lalu berbalik badan dan masuk ke dalam rumah pohon dengan santainya.  HAAA??  Saya antara kaget, berasa lucu trus ketawa.  Saya ditinggal loh sodara-sodara! hahaha… entah belajar dari mana kepedeannya itu.  Tumben mau ditinggal di tempat asing (atau dia justru merasa feel at home di toko mainan??).

Jumat siang saya membawa Nathan ke GI lagi, kali ini maksi dengan teman-teman yang berbeda.  Karena si mbak lama berhenti dan Nathan belum nyaman dengan mbak baru, saya dan Nathan ceritanya sepaket, ke mana-mana ya berdua.  Begitu selesai makan, Citta mengajak Adnan dan Nathan main kreta-kretaan.  Ketika saya tanya Nathan, apakah dia mau main kereta, dia mengangguk.  Jadilah Nathan dibawa sukarela oleh Citta bermain kereta api bersama Adnan di Fun World.  Saya masih merasa aneh ketika menghabiskan porsi makan siang saya “sendiri” bersama teman-teman siang itu.  Yang biasanya selalu ditempet anak, kali ini justru aneh karena anaknya lagi pergi main.

Buat saya, 2 hal itu kejutan besar.  Nathan yang biasanya lengket, susah lepas dari mama, eeh kok ini gampang-gampang aja ya “meninggalkan” mama.  Sebersit terlintas, wah anak ini sudah besar…

Anyway, selamat datang 2014.  Years passed by, and I look forward to an amazing another year.  God has been good and faithful.

 

 

Jatinegara, 11 Januari 2014

 

 

Leave a Reply

