Antara PDD-Nos, Terapi Sensori dan Terapi Wicara

Dalam sebulan ini, banyak yang terjadi.

Berawal dari keluhan Nathan, dia ga nyaman tiap dipakein diaper, saya bawa ke dsa langganan di RSIA deket rumah untuk cek.  Dsa bilang, Nathan kena ISK (infeksi saluran kemih) ringan dan harus minum antibiotik.  Saya uda duga soal ISK ini.  Kalo anak mengeluh ga nyaman di bagian alat kelamin, apalagi kalo bukan ISK?  Saya agak merasa kecolongan juga, secara tiap mandi dicek dan dibersihkan.  Kok bisa ISK ya?  Dugaan sementara ini, mungkin karena tangan yang iseng main-main ke area situ, bisa aja tangannya kotor dan masuklah kuman.  Jadi untuk para ibu yang memiliki anak cowo, kalo anaknya tiba-tiba mulai mainan tangan, garuk-garuk (padahal tadinya engga), musti hati-hati ya.  Dsa bilang itu sudah salah satu tanda ada masalah (infeksi), karena yang tadinya baek-baek aja, jadi terasa gatal sehingga digaruk.

Selain ngobrolin ISK, saya iseng bertanya pada dsa mengenai kegelisahan saya, Nathan akan berusia 3 tahun April ini dan belum mengucapkan sebaris kalimat sederhana, misalnya saya mau makan.  Trus saya ceritain juga beberapa kebiasaan Nathan yang menurut saya unik, mulai dari kebiasaannya menjejerkan mainan (hewan, mobil-mobilan), atau sendal di rumah.  Kalo salah satu mainan itu diubah letaknya, dia bisa tau dan balikin lagi ke posisi semula.  Hasilnya sih memang rapi banget, apalagi kalo merapikan sendal hehehe… Saya ga tau harus bangga atau kuatir dengan kemampuannya itu, yang makin lama menurut saya jadi makin kentara.  Apalagi di toko mainan, uda beberapa kali kejadian.  Saya masih inget waktu Nathan usia 3 bulan, suatu malam dia rewel banget.  Ternyata, ada 1 kancing bajunya tidak terkancing.  Setelah beres kancingnya, langsung diem tuh.  Hal itu kedengerannya sepele ya.  Kalo anaknya fleksibel si gpp, tapi kalo ada yang ga cocok sama dia, misalnya soal kancing lah, urutan mainan lah, trus anaknya jadi rewel, nah… repot deh.

Menurut dsa, diagnosa sementara adalah PDD Nos dan speech delayed karena Nathan belum bisa ngomong 1 kalimat sederhana, milestone yang harusnya dicapai waktu Nathan usia 2 tahun.   Dsa menyarankan Nathan ikut terapi wicara untuk mengatasi soal speech delayed nya dan terapi sensori integrasi untuk PDD Nos nya.  Pertama denger soal PDD Nos, saya langsung bingung, apa tuh.  Belum pernah denger sebelumnya.  Dsa bilang, PDD Nos adalah salah satu spektrum dalam autisme, tapi versi sangat ringan.  Beliau juga bilang, Nathan ga autis karena punya kontak mata dan respon yang baik ketika diajak bicara.  Duh dok, ya iyalah ga autis, kan mamanya jadi sport jantung…

Pulangnya, saya browsing, penasaran banget sama PDD Nos itu.  Beberapa website memberikan penjelasan rinci mengenai PDD Nos, misalnya di sini http://www.psychiatry.emory.edu/PROGRAMS/autism/pdd.html dan di sini http://medicine.yale.edu/childstudy/autism/information/pddnos.aspx dan di sini http://en.wikipedia.org/wiki/PDD-NOS

Setelah konsultasi dengan dokter di bagian Rehab Medik beberapa hari setelahnya, Nathan langsung didaftarkan ikut terapi wicara dan terapi sensori integrasi di RSIA Hermina Jatinegara.  Tapi ternyata ya, jadwalnya penuh melulu euy… Baru sekitar 2 minggu kemudian Nathan mendapatkan sesi terapi pertamanya.  Itu pun bukan jadwal yang permanen,  Sampai dapet jadwal tetap, saya bersedia dalam posisi on-call, secara tinggalnya deket, jadi yah ngesot nyampe hehehe…

Nanti dilanjutin lagi ya ceritanya, mau bangunin anak-anak dulu,

 

Jatinegara, 19 Februari 2014

One thought on “Antara PDD-Nos, Terapi Sensori dan Terapi Wicara

  1. sebenarnya sy butuh file ini utk di print out agar bisa dibaca dimana saja, maklum kl baca di gadget ribed bagi orang seumur saya. tq

Leave a Reply

