Dari Pilates ke Yoga

Jika tulisan saya sebelumnya saya cerita soal keputusan saya ikut Pilates, tulisan kali ini mau cerita what yoga has done in my life.  Dulu sebelum menikah, saya rutin yoga di rumah, pake dvd Rainbow Mars.  Pengennya ikut kelas yoga beneran tapi waktu itu belum ketemu lokasi yang pas.  Pernah ikut kelas yoga di klub fitnes tapi entah kenapa rasanya ga cocok, gerakannya terasa pelaaaannn banget sampe saya ngantuk.q124w

Gara-gara sesi kelas Pilates saya berakhir, saya terpikir untuk ikutan kelas lain yang jaraknya lebih dekat dengan rumah.  Dari info teman, saya mendapatkan lokasi studio yoga yang ternyata lumayan dekat, 15-20 menit aja sampe.  Senang kan ^__^  Lalu saya mendaftar dan mulai ikut kelas Yoga rutin sejak Agustus tahun lalu.  Awalnya cuma 1x seminggu, tapi setelah beberapa bulan, saya tambah jadi total 2x seminggu, kalo pas sempet ya jadi 3x.  Yoga studio yang saya ikuti sifatnya rumahan, dan dikategorikan Power Yoga.  Kurang lebih artinya, gerakan yoga yang terlihat perlahan tapi sebenarnya dilakukan dengan power (tenaga).

Bener banget, Yang saya suka dari kelas Yoga ini, biar judulnya perlahan tapi keringetan deras mengalir.  Pelan tapi saya bisa merasakan otot-otot badan bergerak dan “kena sasaran”.

Contoh gerakan dasar Yoga seperti ini:

Yoga 2

Note.  Gambar di ambil dari sini

Gerakan Surya Namaskar A dan B adalah gerakan dasar yang pasti dilakukan setiap sesi pertemuan yoga.  Keliatannya gampang dan sederhana, kenyataannya bisa mengeluarkan keringat juga.  Dan ketika dilakukan dengan benar, otot tangan dan kaki ikut terlatih dengan baik.

Lalu, mengapa yoga?

Buat saya, yoga menjadi kebutuhan dengan alasan-alasan berikut:

1.   Yoga membuat saya menjadi lebih pelan.  Di tengah kegiatan sehari-hari di Jakarta yang serba cepat dan sepertinya tergesa-gesa, beryoga membuat saya belajar menikmati menit demi menit secara perlahan.  Sambil menikmati waktu, saya menikmati pergerakan otot yang terjadi dalam tubuh saya.

2. Yogam elatih konsentrasi dan fokus.  Ketika beryoga sambil mikirin macem-macem, rasanya sulit sekali menikmati gerakan yoga.  Jadi terasa kurang maksimal gitu.

3. Yoga menggerakan dan melatih otot-otot tersembunyi dalam tubuh saya.  Hasilnya, selain badan jadi lebih lentur dan fleksibel, otot pun kuat.  Makin berumur, punya badan lentur itu memberikan banyak keuntungan.  Ga cuma jadi lebih fit, tapi ga cepet pegel!  Kebiasan rutin yoga, bolos yoga malah bikin badan sakit loh.

4.  Rutin yoga membuat otot kaki jadi lebih kuat, dan lemak bagian paha dalam yang selama ini sulit terjangkau, terkikis dengan sendirinya.  Saya baru nyadar, orang yang rajin yoga biasanya punya kaki yang ramping dan keren.  Paling keliatan kalo pake legging, peratiin deh😀

5.  Bonus berikutnya selain otot yang terlatih (dalam kasus saya, terasa banget otot punggung bagian bawah), yoga melatih saya memiliki postur tubuh yang baik.  Apa yang telah saya pelajari di pilates, saya lanjutkan dalam yoga.

6. Yoga membuat saya tidur lebih enak.  Ini efek menyenangkan sehabis olah raga ya, bobo jadi lebih puleesss….

Pada akhirnya, berat badan yang stabil  adalah bonus tambahan dan bukan tujuan utama saya beryoga.  Ga nyangka kan, gerakannya terlihat sepele dan pelan, tapi bisa diandalkan untuk memberikan manfaat-manfaat tersebut di atas.

Sebagai referensi, terlampir pose-pose yoga sesuai level kemampuan:

yoga 3

Selama saya beryoga, saya ga ambisius untuk bisa menguasai pose-pose yang sulit.  Saya lebih memilih menguasai gerakan dasar dengan benar.  Nanti aja sejalan waktu, ketika badan saya siap, saya pasti bisa melakukan gerakan-gerakan yang sulit.

Buat yang belum pernah coba yoga, silakan browsing lokasi yoga terdekat dan nikmati waktu beryoga.  Lakukan dengan benar dan jangan dikejar waktu, pasti akan mendapat manfaat yang maksimal.

Namaste!

Jatinegara, 7 Juli 2015

3 thoughts on “Dari Pilates ke Yoga

  1. Haiii….Sin, ternyata loe hobby pilates juga. Gw di semarang jg buka studio pilates, kl mau bertukar info bs contact gw, br gw add bbm loe 😂.

Leave a Reply

