(minimal) 10 Ide Kado Non-Mainan | My List of Non-Toys Gift Ideas

Hai hai… Udah lama banget ya ga post blog.  Ide menulis seakan-akan terbang dari otak saya sejak punya anak (*alesan emang segudang hahaha).  Tetiba hari ini ada yang pengen ditulis nih.

Punya 1 anak, mainan masih bisa dikontrol.  Begitu usia berjalan dan jumlah bocah bertambah, mak mulai pusing nih.  Secara mainan bertambah dan space ruangan segitu-gitu aja.  Apalagi kayak hari ini, momen Natalan, bocah-bocah dikasi kado Natal dari keluarga kanan kiri.  Seneng loh dikasi kado, tapi sejujurnya mak juga pusing ngerapiinnya… Mbok ya kasi lemari aja daripada mainan melulu *curcol*  ~ Dari seminggu lalu, waktu adik saya telpon nanyain si bocah mau dibeliin A gak, atau B aja, saya sampe dengan jujur (tanpa kurang ajar) menolak kado yang jelas-jelas berupa mainan (apalagi ukurannya gede).  Bukannya ga bersyukur dikasi kado, tapi untuk mainan-mainan besar seperti itu, saya lebih memilih rental aja.  Mainnya toh ga lama, tapi puyeng setelahnya simpen di mana.

Setelah momen buka kado berakhir, saya mikir, kira-kira kalo pengen kasi kado anak (terutama ke anak sendiri) yang non-kado, apa yah?  Trus saya browsing dan nemu 1 link baguuus banget.  Ternyata si mama ini juga pernah mikirin yang sama kayak saya.  Puyeng dia mainan menggunung setiap tahun.  Tulisan dia  lengkapnya bisa dilihat di sini ya.

Ide kado non-mainan versi saya so far kayak gini:

  1. Tiket, baik itu yang sifatnya sekali main atau yang terusan, misalnya ke Kidzania, Dufan, Ancol, Seaworld, Ragunan, Taman Safari dll.  Atau tiket khusus, misalnya tiket nonton Disney on Ice, Sirkus, Musical Drama (dulu saya pernah nonton Witch di Singapore dan itu bagus banget), dll
  2. Baju, ga cuma baju sehari-hari yang pasti kepake, tapi baju khusus misalnya kalo anaknya les balet, kado baju balet bisa jadi alternatif.  Kalo anaknya ikut klub bola, kado baju bola bakalan kepake banget.  Atau baju renang, secara baju renang merek Speedo aja terhitung mihil.
  3. Kado yang sifatnya memberikan pengalaman, misalnya ikut kelas Wine Tasting (ini kalo anaknya uda SMA kali ya), naik Helikopter (wah siapa yang ga pengen coba yaaa), meni-pedi (ini kalo anaknya uda gedean, bisa bikinin meni pedi party), dll.  Kado ikut kelas atau les ini lumayan banget meringankan bujet bulanan mak nya, misalnya bayarin les musik (biarin cuma uang les 1 bulan aja uda oke banget), beliin alat musik (yang lagi diperlukan), bayarin les gambar atau kelas craft, dll.
  4. Voucher hotel.  Biarpun cuma 1 malam, kado kayak gini membahagiakan banget deh…  Anak-anak bisa hepi main air dan berenang, ortu bisa rileks dan santai sejenak dari rumah, menikmati suasana kamar hotel.
  5. Tiket pesawat atau kereta ke luar kota, misalnya ke Bandung atau Bali atau mana aja yang kira-kira doable dan masih masuk bujet sebagai kado.  Sekalian tiket ke Disneyland boleh ga…
  6. Buku.  Ayo kita semangat membaca buku!  Kegiatan membaca buku ga cuma bermanfaat menambah kosa kata anak dan membangun struktur bahasa yang baik, tapi juga membangun kedekatan anak dan orang tua.  Pilih buku sesuai usia anak, kalo kelewat rumit, pas bacain kayaknya si mama duluan tidur hahaha… Kalo ada bujet lebih, atau bisa patungan, rak buku bakalan diterima dengan senang hati. Yang mirip juga dengan buku misalnya kado langganan majalah, atau hobby (misalnya yang saya tau kayak http://www.louloudiybox.com/)
  7. Barang-barang lain yang sifatnya mendukung proses belajar tapi bukan mainan, misalnya teleskop, kaca pembesar, binokuler, globe, papan tulis, dll.  Saya jadi keinget, pas SMP dulu lagi happening banget nulis pake Rotring.  Ga tau deh kalo sekarang, masih pake ini ga sih buat nulis di kelas (eh taunya uda pada pake laptop kali ya buat nyatet??).
  8. Kado apps atau Itunes Gift Card.  Misalnya ada apps bagus yang pengen dibeli tapi selama ini ga rela belinya.  Coba aja tanya ortunya, lumayan kan jadi kado yang bermanfaat.
  9. Binatang peliharaan.  Kalo yang ini, musti cek usia anaknya ya.  Kalo masih kecil sih alamat nambahin kerjaan mak nya hahaha…
  10. Saving plan.  Tau-tau suatu hari dapet amplop yang isinya lembaran cek atau bukti deposito, cihuy bener deh.

Atau… kadoin ortunya getaway aja trus selama ortunya getaway, tolong jagain anaknya sekalian ya hahaha… That would be an awesome gift for everyone 😀

Apa ide kado non-mainan versi kamu?

 

 

 

Jatinegara, 25 Desember 2016 ~ Selamat Natal 2016, damai di hati damai di bumi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s